Ridwan Kamil: Bandara Kertajati Difungsikan untuk Perawatan Pesawat

Selasa, 30 Maret 2021 - 12:48 WIB
loading...
Ridwan Kamil: Bandara Kertajati Difungsikan untuk Perawatan Pesawat
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, Bandara Kertajati akan difungsikan sebagai tempat perawatan pesawat. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, selain dioperasikan untuk mengangkut penumpang dan kargo, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, akan difungsikan untuk maintenance, repair, overhaul (MRO) atau perawatan pesawat.

"Bandara Kertajati akan difokuskan juga pada MRO sehingga semua pesawat bisa maintenance di sana," kata Kang Emil dalam keterangan resminya, Selasa (30/3/2021).

"Kita tahu juga bisnis bandara itu tidak hanya penumpang, ada juga kargo dan perawatan. Tadi dibahas agar Kertajati bisnis juga pada non-penumpang, kalau kargo sudah dimulai," sambung Kang Emil.

Baca juga: Raih Penghargaan dari IJTI Jabar, Ridwan Kamil Kepala Daerah Efektif Tangani COVID-19

Kang Emil mengungkapkan, ada maskapai penerbangan internasional yang berminat membuka MRO di Bandara Internasional Kertajati. Hal itu pun menurutnya sudah dilaporkan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

"Juga saya laporkan ke Pak Presiden ada pihak penerbangan internasional di Asia yang juga berminat membuka MRO maskapainya di Kertajati," tuturnya.

Menurut Kang Emil, Bandara Kertajati akan optimal beroperasi ketika Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) selesai dibangun.

"Bandara Kertajati ini belum berfungsi optimal karena Tol Cisumdawu belum selesai. Tapi, tadi disampaikan Menteri PUPR bahwa Desember 2021 akan terhubung," katanya.

Bandara Kertajati merupakan salah satu kawasan yang masuk dalam Rebana Metropolitan. Dari 13 kota industri baru yang akan dibangun di Rebana Metropolitan, Kertajati direncanakan akan menjadi kota baru dengan konsep aerocity.

"Patimban dengan kota maritimnya dan Kertajati dengan aerocity-nya," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3000 seconds (0.1#10.140)