2 Hari Buka Kelas Dongeng Cilik, Langkah Awal Kembangkan Literasi Anak di Babel

Sabtu, 27 Maret 2021 - 16:22 WIB
loading...
2 Hari Buka Kelas Dongeng Cilik, Langkah Awal Kembangkan Literasi Anak di Babel
Caption foto : Kegiatan Kelas Pendongeng Cilik Indonesia di Babel, selama dua hari di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Sabtu (27/03/2021). (Foto istimewa)
A A A
PANGKALPINANG, - Penasehat Kampung Dongeng Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Melati Erzaldi dinilai dapat melatih anak-anak dalam mengembangkan talenta dan literasi. Untuk itu, diadakan Kelas Pendongeng Cilik Indonesia di Babel selama dua hari di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Sabtu (27/03/2021).

"Bunda senang sekali kegiatan ini diselenggarakan. Karena bagi anak-anak yang senang bercerita inilah waktu untuk mengembangkan bakatnya. Tidak semua orang bisa mendongeng, apalagi zaman sekarang," kata Melati Erzaldi. Baca juga: Cara Menarik Mengenalkan Dongeng pada Anak-anak Zaman Sekarang

Dia berharap, kegiatan ini sebagai langkah pertama untuk meningkatkan literasi anak-anak di Babel. Untuk itu, kepada peserta pendongeng cilik Babel, Melati berpesan agar anak-anak rajin membaca supaya dapat memperkaya kosakata dalam bercerita."Dongeng salah satu media kita untuk menyampaikan pesan dari kegiatan yang menyenangkan. Melalui dongeng kita dapat menyampaikan pesan positif, pesan moral, dan pesan lainnya yang mudah dipahami oleh seseorang," ucapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Melati yang juga sebagai Bunda PAUD Babel, senang apalagi kegiatan pelatihan dongeng untuk pertama kali diselenggarakan di Babel. Menurutnya, kegiatan seperti ini banyak hal positif yang didapat oleh anak-anak. Ditambah lagi pengaruh teknologi di era digitalisasi yang tak terbendung saat ini.

"Salah satu cara kami bagaimana menjauhkan anak-anak dari penggunaan gadget yang tidak wajar adalah melalui kegiatan mendongeng seperti ini lah yang tepat. Kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak yang lainnya. Gadget sebenarnya tidak salah, tetapi penggunaannya terkadang kurang tepat," ujarnya.

Ketua Kampung Dongeng Babel sekaligus Ketua Kegiatan Kelas Pendongeng Cilik Indonesia di Babel, Desri Susilawani, menuturkan, kegiatan ini mengumpulkan beberapa anak dengan sangat terbatas karena situasi COVID-19. "Untuk kegiatan pertama di Babel, Kelas Pendongeng Cilik Indonesia, kita hanya menerima 20 orang anak dan kegiatan ini berlangsung 2 hari mulai tanggal 27 hingga 28 Maret 2021di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini ditargetkan dapat menemukan bakat-bakat anak untuk kembali menghidupkan dunia dongeng khususnya di Babel, mengingat saat ini dunia dongeng ini sudah dilupakan oleh anak-anak maupun orang tua."Kita ingin menghidupkan kembali dunia dongeng bagi anak-anak kita, karena melalui dongeng kita lebih mudah untuk menyampaikan pesan. Melalui dongeng, pesan yang disampaikan mudah di pahami oleh seseorang," tuturnya.

Karena kegiatan ini berkelas, tentunya akan berkelanjutan ke tingkat nasional. "Di sini yang namanya kelas tentu nanti ada peringkatnya. Dari 3 anak yang terbaik nanti akan dilibatkan di kegiatan nasional langsung di bawah bimbingan Kak Awam Prakoso sebagai founder Kampung Dongeng Indonesia sekaligus sebagai ketua umumnya," ujarnya.

Kegiatan ini tak hanya di sambut baik oleh semua kalangan masyarakat, tetapi juga mendapat dukungan dari Pemprov. Babel. Kelas Dongeng Cilik Indonesia ini beragendakan workshop kecakapan mendongeng, coaching komposisi literasi, mentoring aktivitas literasi, serta unjuk bakat dan keterampilan.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)