Warga Maluku Tengah Berbondong Bondong Berburu Emas di Pantai, Camat Amahai Perintahkan Perketat Perbatasan

Rabu, 24 Maret 2021 - 16:50 WIB
loading...
Warga Maluku Tengah Berbondong Bondong Berburu Emas di Pantai, Camat Amahai Perintahkan Perketat Perbatasan
Penemuan emas di pesisir Pantai Pohon Batu, Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai, Maluku Tengah, Maluku membuat geger warga. Sehingga Camat Amahai Samuel Birahy memerintahkan untuk memperketat di pintu-pintu masuk ke Kecamatan Amahai. Foto iNews TV/Nurdin A
A A A
MALUKU TENGAH - Perburuan material emas di pesisir Pantai Pohon Batu, Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Maluku membuat geger warga. Sehingga setiap harinya ratusan warga mulai menyerbu pesisir Pantai Pohon Batu untuk berburu emas .
Warga Maluku Tengah Berbondong Bondong Berburu Emas di Pantai, Camat Amahai Perintahkan Perketat Perbatasan

Mengantisipasi hal tersebut Camat Amahai Samuel Birahy telah memerintahkan para kadus dan kades untuk memperketat di pintu-pintu masuk ke Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah .

"Karena orang banyak akan kesini oleh karena itu kita perketat negeri Amahai ini. Walaupun pintu terbuka namun perangkat negeri dan seluruh kepala dusun harus mendeteksi siapa saja yang masuk. Semuanya harus lapor ke pemerintah negeri, dari mana asalnya tujuan asalnya untuk apa, supaya kita bisa mendeteksi mereka.

Karena kalau mereka datang untuk berburu emas supaya mereka lapor ke pemerintah negeri sehingga bisa diatur.

"Upaya ini dilakukan supaya kita bisa mendeteksi dan tidak ada izin untuk tambang emas ilegal," timpalnya

Camat juga meminta warga tenang dan menyerahkan sepenuhnya pengaturan untuk pencarian emas di pesisir pantai ke Pemerintah Kecamatan Amahai.

Sementara Pemuda Negeri Tamilouw, Subhan Lewenussa mengatakan, demi menjaga kelestarian daerah Tamilouw dirinya sebagai tokoh pemuda melarang pencarian emas oleh warga pendatang menggunakan bahan kimia dan mesin.



"Ya kita melarang upaya penambangan ilegal ini dengan menggunakan bahan kimia atau pun mesin karena dapat membahayakan kelestarian di Pesisir Pantai Pohon Batu, Negeri Tamilouw," tandasnya.

Kamarudin warga setempat mengatakan, sejauh ini belum ada larangan untuk berburu emas di pantai tersebut. Sehingga warga berbondong-bondong mendulang material emas.

"Alhamdulilah saya mendulang dari pagi hingga menjelang sore dapat sekitar 2 gram," kata Kamarudin.



Hingga saat ini para warga nampak masih antusias untuk berburu emas di pesisir Pantai Pohon Batu rata rata mereka yang mendulang emas dipastikan akan mendapat hasil.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2370 seconds (0.1#10.140)