Lanjutkan Uji Klinis Vaksin Sinovac, Ridwan Kamil: Saya Lebih Sehat

Senin, 22 Maret 2021 - 16:36 WIB
loading...
Lanjutkan Uji Klinis Vaksin Sinovac, Ridwan Kamil: Saya Lebih Sehat
Gubenur Jabar, Ridwan Kamil usai menjalani pengetesan darah bagian uji klinis vaksin Sinovac di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Senin (22/3/2021). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melanjutkan proses uji klinis vaksin Sinovac. Kali ini, proses yang dilalui yakni pengambilan darah yang dilakukan di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Lawan COVID-19, Atalia Ridwan Kamil Ajak Swasta Kolaborasi Genjot 3T

Diketahui, Ridwan Kamil bersama sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menjadi salah satu relawan uji klinis vaksin Sinovac yang digelar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) bekerja sama dengan PT Bio Farma.

Baca juga: Ridwan Kamil Dorong Lembaga Swasta di Jabar Gelar Vaksinasi Massal

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil itu, pengambilan darah menjadi bagian dari proses panjang uji klinis vaksin yang bakal diproduksi massal oleh Bio Farma tersebut.

"Hari ini, ternyata proses uji klinis vaksin ini ada update-update-nya, salah satu update-nya harus melakukan pengetesan darah," ungkap Emil seusai diambil darahnya.

"Jadi, hari ini darah kami diambil lagi, kurang lebih 6 bulan setelah pengambilan darah yang terakhir," sambung Emil.

Dalam kesempatan itu, Emil mengaku, selama pandemi COVID-19 melanda dunia, termasuk Indonesia, dirinya merasa badannya justru lebih sehat. Menurutnya, hal itu seiring aktivitas olahraga yang rajin dia lakukan.

"Terus terang, selama Covid ini badan saya lebih sehat karena mungkin dipaksa rajin olahraga, makan dijaga, protokol juga sangat ketat," ujarnya.

"Soal protokol, saya di PCR mungkin 20 (kali) yah. Ketemu Pak Jokowi, Pak wapres, Pak Menteri (terus dites). Kalau dilihat, hidung saya lebih gede sedikit karena terlalu banyak di swab, mengorek ngorek hidung saya," guyon Emil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7158 seconds (0.1#10.140)