Dukung JaFest, Menkop Teten Sebut Pariwisata Paling Cepat Pulihkan Ekonomi

Minggu, 21 Maret 2021 - 21:43 WIB
loading...
Dukung JaFest, Menkop Teten Sebut Pariwisata Paling Cepat Pulihkan Ekonomi
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat pemembukaan JaFest 2021 di Gedung Sate, Bandung, Jabar, Minggu (21/3/2021). Foto/SINDONews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendukung sepenuhnya pagelaran Jabar Culture & Tourism Festival (JaFest 2021) yang digelar 20 Maret 2021 hingga 22 April 2021 di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Ikut Main Perepet Jengkol di Gedung Sate, Begini Gaya Menkop Teten Masduki

Menurut Teten, pariwisata dinilai menjadi sektor ekonomi yang paling cepat membantu pemulihan ekonomi. Sehingga upaya untuk mendorong bergeraknya pariwisata perlu didorong agar ekonomi Indonesia cepat pulih saat pandemi. Sesuai target pemerintah mencatat pertumbuhan ekonomi 4,5%.

Baca juga: Menkop Teten Akui Masih Banyak Produk Pangan Impor

"Kami sangat dukung acara ini, kerana memang wisata harus didukung untuk pulihkan ekonomi nasional. Di eropa, banyak ekonomi pulih berkat pariwisata dan ini yang paling cepat mendorong, karena tidak perlu ada produk dan lainnya," jelas Teten pada pembukaan JaFest 2021 di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat,Minggu (21/3/2021).

Diakuinya, pandemi telah membuat banyak sektor terganggu. Tapi bila pariwisata bisa digerakkan lagi, maka ekonomi akan cepat pulih. JaFest sebagai agenda yang menggerakkan pariwisata dan UMKM diharapkan bisa mempercepat pemulihan ekonomi Jabar.

"Karena pariwisata ini banyak turunannya. Baik industri kecil, besar, dan UMKM. Tapi tetap kita harus memaksimalkan potensi yang ada. UMKM harus go digital. Sekarang sudah 12 juta, padahal awal 2020 hanya 8 juta, ini cukup bagus," tandasnya.

Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan mengatakan, dengan berbagai kegiatan ini, diharapkan bisa menggerakkan sektor wisata dan UMKM di Jabar. Saat ini ada lima daerah yang ikut acara ini, kedepan diharapkan bisa 27 kota kabupaten ikut bergabung.

"Acara ini diharapkan menjadikan Jabar sebagai lokomotif pemulihan ekonomi. Targetnya 2000 UMKM bisa dipromosikan selain adanya diskusi budaya," katanya.

Diketahui, Jabar Culture & Tourism Festival (JaFest 2021) merupakan kolaborasi antara IKA Unpad yang diketuai Irawati Hermawan, IA ITB yang diketuai Ridwan Djamaluddin, ILUNI UI yang diketuai Andre Rahadian, dan HA IPB yang diketuai Fathan Kamil. Acara ini digelar dalam rangka pemulihan perekonomian nasional melalui promosi maupun seminar pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM, pariwisata, dan pelestarian budaya khususnya di Jawa Barat.

Rangkaian acara JaFest 2021 akan berlangsung di beberapa kota dan wilayah di Jawa Barat, antara lain Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Garut dan Kabupaten Cirebon. Gelaran ini diadakan dari tanggal 20 Maret 2021 hingga 22 April 2021.

Grand Opening JaFest 2021 digelar pada Minggu, 21 Maret 2021 di Gedung Sate Bandung. Grand Opening dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai keynote speaker sekaligus membuka JaFest 2021 secara resmi. Selain itu, ada juga Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki sebagai keynote speaker, sekaligus meresmikan Jafest Parekraf & UMKM Expo 2021.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1161 seconds (0.1#10.140)