Bandara Husein Sastranegara Mulai April Terapkan Tes GeNose, Tarif Rp40 Ribu

Kamis, 18 Maret 2021 - 11:29 WIB
loading...
Bandara Husein Sastranegara Mulai April Terapkan Tes GeNose, Tarif Rp40 Ribu
Lokasi di Bandara Husien Sastranegara Bandung yang bakal dipakai tes GeNose per 1 April 2021. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Kabar baik bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan pesawat melalui Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Mulai 1 April bakal disediakan screening COVID-19 menggunakan alat GeNose C-19.

Baca juga: Tes GeNose C-19 Dipakai Juga di Bandara, Berikut Daftarnya

Kelebihan GeNose adalah tes mudah dan harga yang sangat terjangkau. Rencananya, di Bandara Husein Bandung akan dikenakan tarif Rp40.000. Harga GeNose bisa menjadi pilihan, mengingat untuk cek rapid antigen mesti membayar Rp200.000 hingga Rp250.000.

Baca juga: Pemerintah Berencana Sediakan Alat Pendeteksi Covid-19 GeNose di Bioksop

Penggunaan GeNose sendiri dikemukakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Komisi V DPR dalam rapat kerja yang dilaksanakan pada Selasa (16/3/2021). Di mana, mulai 1 April akan dimulai bertahap di empat bandara di antaranya Bandara Kualanamu Medan, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara R Iwan Winaya Mahdar menuturkan persiapan pelaksanaan percobaan penggunaan alat GeNose C19 di Bandara Husein Sastranegara sudah dimulai dengan melakukan rapat koordinasi dengan PT Angkasa Pura Solusi sebagai penyedia layanan Alat GeNose C19.

"Rapat Persiapan dan Percobaan (Trial) Penggunaan Peralatan GeNose C19 di Bandara Angkasa Pura II sudah dilaksanakan pada Rabu kemarin, dengan PT APS, Bandara Kualanamu Medan dan Bandara Husein Sastranegara tentunya." katanya, Kamis (18/3/2021).

R Iwan Winaya Mahdar mengatakan, pelaksanaan trial di Bandara Husein Sastranegara direncanakan 4 unit alat Genose C19 akan dilalukan selama 5 hari dengan kuota 100 orang per hari. Uji coba akan mulai 22 April 2021 dan hasil pemeriksaan GeNose C19 hanya diberikan secara digital.

"Akan dilakukan sosialisasi yang isinya memuat tentang adanya Layanan GeNose C19 di Bandara Husein Sastranegara, prosedur pemesanan dan syarat pemeriksaan menggunakan GeNose C19 untuk meminimalisir adanya antrean di bandara." lanjut R Iwan.

PT Angkasa Pura Solusi (APS) telah memiliki aplikasi GeNose C19 Controller saat ini yang berfungsi untuk melakukan update system dari adanya pengembangan GeNose C19 dengan sistem kerja tanpa mengganggu kinerja operasional (otomatis update) dan berkomitmen akan secara terus menerus melakukan evaluasi untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa bandara.

Lokasi di Bandara Husien Sastranegara Bandung yang bakal dipakai tes GeNose per 1 April 2021. Foto/Ist
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)