Belajar Tatap Muka Dibuka Juli 2021, Ridwan Kamil: Kalau Gurunya Sudah 100% Divaksin

Senin, 15 Maret 2021 - 19:26 WIB
loading...
Belajar Tatap Muka Dibuka Juli 2021, Ridwan Kamil: Kalau Gurunya Sudah 100% Divaksin
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengizinkan KBM di sekolah dengan syarat seluruh guru telah disuntik vaksin COVID-19. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan, pihaknya mengizinkan pembukaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah asalkan telah memenuhi syarat.

Baca juga: Begini Proses Belajar Tatap Muka di SMAN 1 Dramaga Bogor

Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jabar itu menyatakan, salah satu syarat yang harus dipenuhi, yakni seluruh guru di Jabar telah disuntik vaksin COVID-19.

Baca juga: Persiapan Sekolah Tatap Muka, Ini Skenario Kota Bandung

"Saya kira sederhana. Saya sudah mengarahkan kalau gurunya sudah 100 persen divaksin, relatif yang diizinkan," ujar Ridwan Kamil seusai Rapat Koordinasi Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jabar di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Senin (15/3/2021).

Menurutnya, vaksinasi COVID-19 bagi guru di Jabar menjadi kewajiban sebelum KBM di sekolah di buka. Sebab, kata dia, tanpa hal itu, pihaknya tidak memiliki ukuran untuk memastikan bahwa KBM di sekolah dapat dibuka atau tidak. "Tanpa ada kepastian itu kita tidak punya ukuran," ujarnya.

Gubernur yang akrab disapa Emil itu menegaskan, pihaknya tidak memiliki alasan untuk melarang KBM tatap mula selama seluruh syarat terpenuhi. Terlebih, Jabar kini nihil zona merah COVID-19 dan program vaksinasi COVID-19 terus berjalan.

"Jadi, gak ada alasan kita enggak tatap muka, tapi harus ada ukuran memastikan guru dan pengajar untuk melindungi anak-anak. Jadi, poinnya sudah boleh selama ada pembuktian itu," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat menjadwalkan vaksinasi COVID-19 bagi guru dan tenaga kependidikan dimulai pekan ketiga Maret 2021 mendatang.

Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi mengatakan, vaksinasi COVID-19 bagi guru dan tenaga kependidikan merupakan salah satu upaya pihaknya dalam persiapan KBM tatap muka yang dijadwalkan mulai dibuka Juli 2021 mendatang.

Menurut Dedi, pihaknya telah mengajukan 66.385 dosis vaksin COVID-19. Alokasi vaksin tersebut diperuntukkan bagi guru hingga petugas keamanan sekolah yang tersebar di seluruh Jabar.

"Guru adalah pelayanan dasar. Kita berharap, vaksin bisa segera dilakukan untuk mempersiapkan sekolah tatap muka pada tahun ajaran baru di bulan Juli 2021. Kita usulkan total vaksin sebanyak 66.385 Dosis," ujar Dedi dalam kegiatan Teras Radjiman di Kantor Disdik Jabar, Jalan Radjiman, Kota Bandung, Rabu (10/3/2021).

Lebih lanjut Dedi mengatakan, pihaknya menargetkan, vaksinasi COVID-19 bagi guru dan tenaga pendidikan itu dimulai pada pekan ketiga Maret 2021 dan diharapkan selesai pada Juni 2021 nanti.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)