Berkah TMMD, Warga Kampung Terpencil di Karawang Bisa Rasakan Teknologi

Senin, 15 Maret 2021 - 05:39 WIB
loading...
Berkah TMMD, Warga Kampung Terpencil di Karawang Bisa Rasakan Teknologi
Anak anak Kampung Tanjungsari Desa Sedari menyaksikan film melalui mobil TNI
A A A
KARAWANG - Puluhan anak Kampung Tanjungsari, Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat terlihat khusuk menatap televisi.

Film tentang petualangan Upin Ipin yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta seolah menghipnotis mereka untuk tetap terpaku di depan televisi 43 inc. Siaran televisi di desa mereka, apalagi seperti film, merupakan barang langka bagi mereka.

Bagi warga Kampung Tanjungsari Desa Sedari yang berada di pesisir pantai laut Karawang, pesatnya perkembangan teknologi tak dapat dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat sekitar. Sinyal telepon acap kali hilang sehingga komunikasi kadang sering tersendat.

Baca juga: Arus Balik Libur Panjang, Tol Cipali Padat Merayap

Jaringan listrik sering padam ketika cuaca buruk seperti turun hujan disertai petir. Apalagi bicara jaringan televisi, gambar yang ditangkap lebih banyak bintik - bintik sehingga tidak nyaman untuk menonton. Belum lagi akses jalan yang belum mereka miliki hingga harus berjalan diatas pasir laut sepanjang tahun.

Inilah sekelumit kisah sedih warga Kampung Tanjungsari yang terpencil dari hingar bingar mederenisasi kota. Mereka tidak menikmati kemajuan pembangunan di daerahnya. Tak heran ketika di kampung mereka kedatangan puluhan tentara dari Kodim 0604 Karawang yang mengadakan TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) ke 110 disambut gembira. Kedatangan TNI banyak memberikan perubahan.

"Kegiatan TMMD untuk tahun ini kami Fokus di Desa Sedari terutama di Kampung Tanjungsari ini karena posisinya yang terpencil. Fasilitas umum dan sosial di kampung ini sangat minim sehingga kami datang di kampung ini untuk membangun yang bisa kita lakukan," kata Komandan Kodim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hario Wibowo.

Menurut Medi, TMMD tahun ini ada 9 kegiatan yang dilakukan. Diantaranya membangun akses jalan, pembangunan Posyandu di Kampung Tanjungsari, memperbaiki kerusakan akibat abrasi, pembangunan rumah layak huni. "Selain itu kita juga memberikan edukasi dan hiburan di kampung ini seperti penayangan siaran televisi melalui satelit," katanya.

Tak heran jika puluhan anak-anak Kampung Tanjungsari asyik menyaksikan film Upin Ipin yang ditayangkan melalui mobil "Si Hijau" milik Kodim 0604 melalui siaran satelit. Si Hijau memang dibuat untuk menyiarkan siaran televisi di daerah yang sulit dijangkau. "Mobil Si Hijau ini sangat mendukung kinerja kami, " katanya.

Anak-anak Kampung Tanjungsari memang seperti membutuhkan hiburan. Sejak pagi hari mereka sudah nongkrong di depan televisi untuk menyaksikan film yang ditayangkan selama kegiatan TMMD. "Sejak pagi hari hingga malam mobil Si Hijau kita fungsikan untuk menghibur masyarakat. Ternyata memang warga Tanjungsari butuh hiburan," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)