Tabung Gas Elpiji Meledak di Atas Perahu, 4 Orang Luka Parah

Minggu, 14 Maret 2021 - 13:17 WIB
loading...
Tabung Gas Elpiji Meledak di Atas Perahu, 4 Orang Luka Parah
Perahu kayu Sumber Barokah yang dinahkoadai oleh Norsa (40) hancur berkeping-keping. SINDOnews/Ali
A A A
SUMENEP - TNI dari Koramil 0827/21 Raas jajaran Kodim 0827/Sumenep membantu evakuasi korban perahu milik warga Desa Brakas Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur yang meledak hingga berserakan. Kejadian tersebut pada Sabtu 13 Maret 2021 sekitar pukul 05.30 WIB.

Perahu kayu Sumber Barokah yang dinahkoadai oleh Norsa (40) tersebut hancur berkeping-keping. Diduga, meledaknya perahu tersebut karena tabung gas elpiji 5 Kg yang berada di atas perahu tersebut.

Akibatnya, nahkoda dan anak buah kapal (ABK), yaitu, Syaiful (34), Hosen (28) dan Adi (25), mengalami patah tulang hingga luka bakar di sekujur tubuhnya.

Danramil 0827/21 Raas Kodim 0827/Sumenep, Kapten Arh Sapto Waluyo menjelaskan, tempat kejadian perahu meledak tersebut di Pelabuhan Lama desa setempat saat bersandar karena mengalami kerusakan mesin.

“Kronologisnya, saat perahu berlabuh, Norsa sebagai nahkoda hendak memperbaiki mesin, sembari menyuruh Syaiful sebagai ABK untuk membuatkan kopi,” ungkap Kapten Waluyo. Baca: Belasan Karung Miras Jenis Tuak Dipesan Secar Online, di Tengah Jalan Disita Polisi.

Kemudian, Syaiful membuat kopi dengan menghidupkan gas elpiji 5 kg. Namun nahas, beberapa saat kemudian terjadi ledakan yang mengakibatkan perahu hancur berhamburan di laut. “Selanjutnya, petugas membawa Nahkoda dan ABK itu, ke Puskesmas untuk dilakukan penanganan medis,” pungkasnya.

Korban ledakan kapal ini terdiri dari Nosra (Nahkoda), mengalami patah tulang pada bagian pinggang. Syaiful (ABK), mengalami luka bakar pada bagian tangan sebelah kanan dan kiri, luka bakar pada bagian kaki sebelah kanan dan kiri, luka lecet pada bagian punggung atas sebelah kiri dan luka lecet pada bagian muka

Kemudian Jumaidi (ABK), luka dalam pada bagian punggung belakang dan Hosen (ABK), luka robek pada bagian pelipis mata sebelah kiri sehingga dilakukan jahitan pada luka dab lecet pada bagian lengan tangan sebelah kiri. Baca Juga: 2 Wanita Cantik Tega Jual Gadis-gadis Belia dari Tana Toraja ke Manado.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)