Bantu Warga Mekarmukti, Calon Ketua IA ITB Gembong Primadjaya Sumbang Pompa Hidran

Kamis, 11 Maret 2021 - 05:23 WIB
loading...
Bantu Warga Mekarmukti, Calon Ketua IA ITB Gembong Primadjaya Sumbang Pompa Hidran
Calon ketua Ikatan Alumni ITB Gembong Primadjaya. (Ist)
A A A
SUMEDANG - Warga di Desa Mekarmukti, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang , Jawa Barat, kini sedang bersukacita. Karena, sekarang warga Desa Mekarmukti tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mendapatkan air. Sebelumnya, masyarakat di sana harus mengambil air turun ke sungai berjarak 300 meter, mendaki tebing setinggi 30 meter hingga sampai ke bibir sungai.

Dengan bantuan pompa hidran dari calon ketua Ikatan Alumni ITB Gembong Primadjaya, bersama tim Gemilang Solid Ganesha, warga Desa Mekarmukti, Sumedang , tinggal mengambil ke bak reservoir yang berada di tengah-tengah kampung.

Menurut tim Gemilang Solid Ganesha, pengadaan air bersih ini berawal dari data Jawa Barat sebagai provinsi dengan kasus stunting anak yang cukup banyak. Seperti diketahui, tidak tersedianya air bersih menjadi salah satu penyebab dari stunting anak.

"Karena itu keberadaan pompa hidran di tengah kampung diharapkan dapat menjadi solusi penyediaan air bersih yang sesuai bagi daerah-daerah terpencil lainnya, khususnya daeerah dengan akses listrik yang terbatas," kata Gembong dalam keterangannya, Kamis (11/3/2021).

Gembong menyatakan, walaupun Indonesia sudah 76 tahun merdeka tetapi masih ada masyarakat yang kesusahan untuk mendapatkan air. Bahkan, untuk mengambilnya butuh perjuangan. Baca: Tokoh Agama Antusias Vaksinasi, Gubernur Ganjar Gagas Salat Tarawih di Masa Pandemi.

"Ada banyak masalah yang dihadapi bangsa ini. Karena itu sudah menjadi tugas kita sebagai alumni ITB untuk bersatu membantu pemerintah mencari solusi dari berbagai masalah," kata Gembong.

Gembong juga memperkenalkan slogan #AyoBeresinBareng, yang maknanya bersama-sama bahu membahu membereskan masalah yang ada di sekitar kita. Sehingga keberadaan kita dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Baca Juga: Lomba Burung Berkicau Mendadak Dibubarkan Satgas COVID19, Peserta di Sidang Tipiring.

Sedianya kegiatan syukuran bersama warga Desa Mekarmukti, Sumedang, yang juga dihadiri oleh Gembong Primadjaya akan dilaksanakan di Balai Desa Mekarmukti, sekitar pukul 10 pagi ini.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6214 seconds (0.1#10.140)