Kereta Api Kertanegara Rute Purwokerto-Malang Resmi Meluncur

loading...
Kereta Api Kertanegara Rute Purwokerto-Malang Resmi Meluncur
Kereta Api (KA) Kertanegara dengan rute Purwokerto-Malang diluncurkan di Stasiun Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (10/3/2021). Foto/iNews TV/Saladin Ayyubi
BANYUMAS - Kereta Api (KA) Kertanegara dengan rute Purwokerto-Malang diluncurkan di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (10/3/2021) malam. Peluncuran dilakukan oleh Deputy Vice President Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono disaksikan segenap jajaran manajemen Daop 5 dan.

Baca juga: Penumpang Kereta Api Lebih Memilih GeNose C19, Ini Alasannya

Peluncuran KA Kertanegara diawali dengan doa bersama serta pembagian goody bag merchandise bagi pelanggan dengan tiket keberangkatan pada hari Rabu (10/3). Selanjutnya tepat pukul 18.20 WIB, KA Kertanegara diberangkatkan menuju Malang sebagai stasiun tujuan akhir.

Baca juga: Menhub Kasih Bocoran Tes GeNose Bakal Digunakan 44 Stasiun Kereta Api

Hendra Wahyono yang merangkap sebagai PYMT Manager Humas Daop 5 Purwokerto mengatakan, peluncuran KA Kertanegara dimaksudkan untuk mengakomodasi masyarakat serta memberikan pilihan perjalanan KA khususnya di jalur selatan yang selama ini hanya dilayani oleh KA Gajayana relasi Gambir-Malang.



Rangkaian KA Kertanegara ini terdiri dari 5 kereta kelas eksekutif dengan kapasitas 250 tempat duduk dan 3 kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 240 tempat duduk. "Dengan layanan kelas yang variatif, diharapkan dapat mengakomodir semua segmen pelanggan untuk menentukan kelas layanan yang ingin dipilihnya," kata Hendra.

Namun kapasitas di KA selama masa pandemi maksimal hanya sebesar 70% dari total kapasitas tempat duduk. "Pembatasan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah berdasarkan SE Kemenhub No 14 tahun 2020," ujarnya.

Sedangkan untuk optimalisasi pendapatan angkutan penumpang dengan memanfaatkan idle seat pada relasi tertentu, maka akan diberlakukan pula tarif khusus pada KA Kertanegara yang bisa dipesan mulai 2 jam sebelum keberangkatan kereta. “Relasi tertentu tersebut di antaranya untuk perjalanan dari Purwokerto-Yogyakarta maka pelanggan akan mendapatkan tarif khusus sebesar Rp110.000 untuk kelas eksekutif dan Rp65.000 untuk kelas ekonomi," katanya.

Sedangkan untuk relasi Purwokerto-Solo Balapan dengan tarif khusus Rp130.000 untuk kelas eksekutif dan Rp75.000 untuk kelas ekonomi. "Bagi pelanggan yang hanya akan menuju Stasiun Kutoarjo cukup membeli tiket dengan harga Rp55.000 untuk kelas eksekutif dan Rp35.000 untuk kelas ekonomi," kata Hendra.

Sementara para pelanggan di wilayah Kutoarjo dan sekitarnya yang akan menggunakan KA Kertanegara dengan keberangkatan dari Stasiun Kutoarjo tujuan Yogyakarta, juga akan mendapatkan tarif khusus.



Pelanggan cukup membayar Rp45.000 untuk kelas eksekutif dan Rp25.000 untuk kelas ekonomi. Sedangkan untuk relasi Kutoarjo-Solo Balapan, cukup membayar Rp75.000 untuk kelas eksekutif dan Rp45.000 untuk kelas ekonomi.

"Dengan peluncuran KA Kertanegara ini diharapkan dapat membangkitkan kembali sektor ekonomi dan wisata di daerah-daerah yang dilalui oleh KA Kertanegara akibat dampak pandemi COVID-19," tandasnya.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top