Bantu Masyarakat Atasi Pandemi COVID-19, Tata Kelola Program CSR Ini Jadi Rujukan

Rabu, 10 Maret 2021 - 20:21 WIB
loading...
Bantu Masyarakat Atasi Pandemi COVID-19, Tata Kelola Program CSR Ini Jadi Rujukan
Tata kelola corporate social responsibility (CSR) yang dijalankan Pupuk Kaltim di berbagai program jadi rujukan perusahaan lain. Di antaranya oleh PT ANTAM. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Tata kelola corporate social responsibility (CSR) yang dijalankan Pupuk Kaltim di berbagai program menarik perhatian dan jadi rujukan perusahaan lain. Di antaranya PT ANTAM yang melakukan benchmark untuk menggali lebih dalam berbagai program yang dilaksanakan melalui sesi diskusi dan sharing knowledge secara virtual.


VP CSR ANTAM Resna Handayani mengatakan, Pupuk Kaltim sejauh ini mampu melaksanakan CSR secara tepat sasaran di berbagai bidang. Oleh karena itu, pihaknya lakukan benchmark tata kelola CSR ke Pupuk Kaltim.


Rekomendasi yang dilirik di antaranya kinerja lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang berhasil mengantarkan Pupuk Kaltim meraih Proper Nasional peringkat emas empat kali berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Selain itu dalam program kemitraan, dinilai mampu mengotimalkan program dengan banyaknya mitra binaan yang tergabung, serta menunjukkan performa dan keberhasilan yang siginifikan.

"Untuk tahun ini, ANTAM juga akan merealisasikan program kemitraan secara berkesinambungan. Sehingga butuh referensi lanjutan agar dapat berjalan optimal," kata Resna dalam keterangannya, Rabu (19/3/2021).

Dia berharap melalui benchmark dengan Pupuk Kaltim, ANTAM mampu menjalankan tanggung jawab sosial bagi masyarakat di berbagai bidang. Tak hanya fokus pada program kemitraan, namun juga inisiasi CSR yang tepat sasaran. Hal ini melihat jangkauan ANTAM yang beroperasi di berbagai daerah di Indonesia, serta diwajibkan mengalokasikan CSR di seluruh wilayah tersebut.

“Kami berharap Pupuk Kaltim dapat berbagi pengetahuan dengan ANTAM, sehingga sinergi BUMN untuk alokasi CSR sesuai mandat direksi, bisa kami jalankan dengan baik dan sesuai aturan,” ungkapnya.

Sementara itu, SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono, menyambut positif benchmark ANTAM untuk menggali referensi tata kelola CSR yang dilaksanakan Pupuk Kaltim. Kegiatan ini, kata dia, bisa menjadi ajang bertukar pikiran terkait pelaksanaan CSR di masing-masing perusahaan. Sehingga dapat menambah wawasan dalam pengelolaan CSR sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan bagi masyarakat.

"Pupuk Kaltim sangat terbuka untuk saling berbagi pengalaman dalam pengelolaan CSR dan menyambut baik upaya ANTAM pada kegiatan ini," ujarnya.

Teguh menyebut, pengelolaan CSR dititikberatkan untuk mewujudkan masyarakat mandiri dan berkelanjutan, dengan memberdayakan sumber daya lokal melalui kegiatan usaha yang dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Selain itu menciptakan keserasian lingkungan dengan membangun infrastruktur pedukung yang berkelanjutan, serta menciptakan sinergi perusahaan bersama stakeholders. Termasuk selama pandemi COVID-19.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0763 seconds (0.1#10.140)