Ridwan Kamil Targetkan 6 Juta Warga Jabar Selesai Divaksin Juni 2021

Selasa, 09 Maret 2021 - 05:41 WIB
loading...
Ridwan Kamil Targetkan 6 Juta Warga Jabar Selesai Divaksin Juni 2021
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menargetkan 6 juta warga Jabar di luar tenaga kesehatan selesai disuntik vaksin COVID-19 Juni 2021. (Ist)
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menargetkan, sebanyak 6 juta warga Jabar selesai disuntik vaksin COVID-19 Juni 2021 mendatang.

Dia menjelaskan, jika target vaksinasi COVID-19 bagi warga Jabar di luar tenaga kesehatan itu tercapai, maka alokasi vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat akan kembali turun sekaligus mencegah persediaan vaksin tidak kedaluarsa.

"Karena kita punya target 6 juta sekian penduduk Jabar untuk lansia dan profesi yang rawan dan pelayan publik, itu harus selesai di bulan Juni (2021). Kalau kita lambat, maka vaksinnya kedaluarsa, kita sedang mengejar target itu," ungkap Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (8/3/2021).

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil itu, distribusi vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat menggunakan skema bertahap karena persediaannya yang terbatas.

Terlebih, kata Emil, pemerintah pusat pun akan mengevaluasi pelaksanan vaksinasi COVID-19 di setiap daerah dimana daerah yang tingkat penyerapan vaksin COVID-19-nya tinggi akan diprioritaskan.

"Pemerintah pusat itu gak bisa langsung (suplai vaksin) semuanya. Dilihat (daerah) ini berprestasi atau tidak (penyerapannya), itulah kenapa saya dorong agar vaksinasi ini cepat supaya datang lagi tahap-tahap berikut. Jangan sampai tahap satu saja belum habis sudah minta tahap berikut," jelasnya. Baca: Bertemu IDI Bahas Pandemi, Ini Permintaan Pemkot Bandung.

Emil melanjutkan, salah satu upaya untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 di Jabar, yakni menyiapkan vaksinator hingga 11.000 orang. Selain itu, pihaknya pun akan memperbanyak tempat vaksinasi dengan memanfaatkan gedung-gedung milik institusi, seperti TNI/Polri.

Menurutnya, langkah tersebut dapat meringankan beban fasilitas layanan kesehatan, seperti puskesmas. Tidak hanya itu, tambah Emil, pihaknya juga tengah menyiapkan vaksinasi COVID-19 secara door to door serta mobile vaksinasi COVID-19. Baca Juga: 22 Warga Terpapar Klaster Hajatan, Satu RT di Kaliurang Terpaksa Lockdown.

"Polda Jabar sudah siap menyediakan mobil vaksin dan segera dikirim ke Karawang atau Bogor. Nah kita akan fokus pada vaksinasi. Minggu ini penyuntikan untuk lansia akan massal dilakukan di seluruh daerah-daerah. Kita sudah menyimpulkan jabar tidak akan cukup hanya mengandalkan puskesmas," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)