Terpapar Varian Baru COVID-19 Usai ke Luar Negeri, Begini Kondisi 2 Warga Karawang

loading...
Terpapar Varian Baru COVID-19 Usai ke Luar Negeri, Begini Kondisi 2 Warga Karawang
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyatakan, dua warga Karawang yang terpapar varian baru virus COVID-19 sudah berstatus negatif. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, dua warga Kabupaten Karawang yang terpapar varian baru virus COVID-19 (B117) sudah berstatus negatif.

Baca juga: Gawat! Dua TKW Asal Karawang Terpapar Virus Corona Varian Baru

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar di Markas Kodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Pemerintah Waspadai Varian Baru COVID-19 dari 3 Negara

"Walaupun tadi dilaporkan dua (warga Karawang) itu, per hari ini dua pasien sudah negatif. Iya negatif dari (COVID-19) varian baru," ujar Ridwan Kamil.

Emil, sapaan akrabnya juga mengungkapkan, kedua warga Karawang yang terpapar itu sebelumnya terdeteksi bepergian ke luar negeri. "Terdeteksi warga Karawang ini bepergian dengan pesawat Qatar Airways. Dua orang Karawang ini tercatat berpergian internasional," ungkapnya.



Meski begitu, Emil tidak menyebutkan dari negara mana keduanya bepergian. Namun, di meyakinkan, setelah mendarat di Tanah Air, mereka langsung menjalani isolasi.

Emil menekankan, meski kedua warga Karawang itu sudah berstatus negatif varian baru virus COVID-19, namun mereka tetap menjalani isolasi tambahan untuk memastikan bahwa virus varian baru COVID-19 itu benar-benar hilang dari tubuh mereka.

"Kita masih belum yakin, kita tambah isolasi di rumah masing-masing karena sudah negatif. Kita juga lagi kontak tracing, tapi dua warga itu per hari ini sudah negatif. Kita akan tes berkali-kali untuk memastikan tidak ada hal lain yang merugikan," papar Emil.

Pihaknya juga sudah menginstruksikan Bupati Karawang dan Satgas Penanganan COVID-19 Jabar melakukan tracing untuk menekan potensi penularan.

"Saya titip kepada Bupati Karawang, kepada Dandim, Kapolres, seluruh jajaran jangan sampai kecolongan, membesar akhirnya kita tidak bisa mengendalikan. Mumpung baru kecil dan mungkin ada hal lain untuk segera bisa terdeteksi. Kita tahu kalau sudah telat harga treatment sangat mahal sekali," tandasnya.



Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memastikan dua warga Kabupaten Karawang terpapar varian baru virus COVID-19 (B117). Gubernur meminta masyarakat tidak panik atas temuan tesebut.

"Kami sudah lakukan pelacakan, varian baru sudah masuk ke Karawang," kata Ridwan Kamil di sela acara penyuntikan uji klinis tahap 2 vaksin Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical Co. Ltd di Gedung Pendidikan Kedokteran Unpad, Jalan Eijkman, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top