Berjuang Jadi WNI, 2 WNA di Bali Kumandangkan Lagu Indonesia Raya

Rabu, 03 Maret 2021 - 10:30 WIB
loading...
Berjuang Jadi WNI, 2 WNA di Bali Kumandangkan Lagu Indonesia Raya
Berjuang Jadi WNI, 2 WNA di Bali Kumandangkan Lagu Indonesia Raya. Foto/Chusna
A A A
DENPASAR - Dua warga negara asing (WNA) di Bali mengumandangkan lagu Indonesia Raya Kantor Wilayah Hukum dan HAM Bali. Lagu kebangsaan negara tercinta ini dinyanyikan hampir sempurna oleh keduanya.

WNA itu adalah Troy Sinclair yang memiliki dua kewarganegaraan Australia dan Inggris serta Marlon Gerber dari Swiss. Keduanya kini tengah berjuang untuk bisa diterima menjadi WNI.

Mengenakan kemeja khas Bali endek warna biru, Sinclair mengambil sikap berdiri tegak. Dengan intonasi yang bersemangat, bule berkepala pelontos ini lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya. Meski lirik lagunya tak sempurna betul, dia berhasil menyanyikannya hingga akhir.

Sedangkan Gerber memilih bernyanyi sambil duduk di kursi. Bule yang mengenakan baju endek merah ini terlihat serius mengingat setiap lirik yang dinyanyikan sampai selesai.

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Bali Jamaruli Manihuruk yang menjadi ketua tim verifikasi mengatakan, lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan salah satu materi yang diberikan. "Ada juga materi tentang kewarganegaraan," katanya, Rabu (3/3/2021).

Berjuang Jadi WNI, 2 WNA di Bali Kumandangkan Lagu Indonesia Raya


Jamaruli menjelaskan, Sinclair telah berada di Indonesia sejak 2003/2004 dan saat ini tinggal di Desa Klumpu, Nusa Penida, Klungkung. Dia memiliki usaha di sektor pariwisata di Nusa Lembongan.

Baca juga: Gasak Uang Nasabah Bank Ratusan Juta Rupiah, 2 Perampok Ditangkap Polisi

Sedangkan Gerber mempunyai seorang ibu yang berasal dari Indonesia. "Dia juga pernah sekolah di Bali hingga SMP," ujar Jamaruli.

Saat dilakukan verifikasi, Sinclair dan Gerber bisa menjawab pertanyaan tentang kewarganegaraan dengan cukup baik. Selama di Indonesia, keduanya juga taat pajak dan tidak pernah melakukan tindakan kriminal.

Baca juga: Lusa, 1.600 Pegawai Pelayanan Publik Bangka Tengah Divaksinasi COVID-19

"Tim masih akan melakukan verifikasi lebih lanjut dan menunggu kelengkapan dokumen keduanya," tutur Jamaruli.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)