Mulai Surut, Banjir Kabupaten Bekasi Tersisa di 4 Kecamatan

Rabu, 03 Maret 2021 - 04:01 WIB
loading...
Mulai Surut, Banjir Kabupaten Bekasi Tersisa di 4 Kecamatan
Tim SAR melakukan evakuasi terhadap warga di Perumahan Pondok Gede Permai, Kota Bekasi yang terendam banjir. Foto/DOK.SINDOnews
A A A
BEKASI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menyampaikan, kondisi genangan banjir di wilayahnya hingga Selasa (2/3/2021) kemarin mulai berangsur surut. Saat ini titik banjir tersisa di empat kecamatan. Wilayah yang masih banjir berada di wilayah utara Kabupaten Bekasi.

"Masih ada genangan banjir, menyisakan empat wilayah," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said, Selasa (2/3/2021).

Menurut dia, secara umum kondisi banjir di Kabupaten Bekasi sudah mulai surut. Akses jalan sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat dan masyarakat sudah beraktivitas seperti biasa.

Baca juga: Banyak Tanggul Jebol Jadi Penyebab Banjir Bekasi dan Karawang

Adapun genangan banjir masih ada di Kecamatan Pebayuran tersisa sekitar 20-30 cm. Selanjutnya di Kecamatan Cabangbungin masih ada yang ketinggiannya 50 cm. Kemudian di Muaragembong seperti di Desa Pantai Harapan Jaya juga masih ada titik banjir, dan di Babelan masih ada genangan antara 20-30 cm.

Said menjelaskan, warga yang berada di tempat pengungsian, tinggal sebagian kecil. Biasanya mereka berada di posko pengungsian hanya pada malam hari. "Kalau pada siang hari mereka pulang ke rumah untuk bersih-bersih tempat tinggalnya dari sisa-sisa banjir. Mereka masih trauma dengan banjir susulan," katanya.

Meski banjir di Kabupaten Bekasi mulai surut, BPBD Kabupaten Bekasi mengimbau warga agar tetap waspada terhadap bencana yang bisa terjadi, baik banjir maupun angin puting beliung. "Masyarakat Bekasi diminta untuk tetap siap siaga terhadap perubahan cuaca, curah hujan yang tinggi maupun puting beliung yang bisa membuat pohon tumbang," katanya.

Baca juga: Banjir Bekasi Semakin Parah, Ini yang Dibutuhkan Pengungsi

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)