Hasil Tracing Jamaah Ziarah yang Positif COVID-19, Ada 147 Warga Kontak Erat

Selasa, 02 Maret 2021 - 19:06 WIB
loading...
Hasil Tracing Jamaah Ziarah yang Positif COVID-19, Ada 147 Warga Kontak Erat
Suasana di salah satu rumah yang berada di Kampung Pangkalan RW 10, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, KBB, dimana ada sebanyak 39 warganya positif COVID-19 usai melakukan ziarah ke luar kota. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Puskesmas Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), melakukan tracing kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW 10, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, KBB.

Hasil traking yang dilakukan diketahui total ada 147 warga yang kontak erat baik secara langsung dan tidak langsung dengan jamaah ziarah yang telah diketahui 39 orang positif COVID-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri.

"Hasil traking ada 147 kontak erat. Mereka akan menjalani swab test untuk memastikan kondisi kesehatannya," kata Plt Kepala Puskesmas Ciwaruga, Ika Jatnikawati, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Warga Mengeluh Mata Air Mengering Setelah Muncul Proyek Kereta Cepat

Menurutnya dari 147 kontak erat, sudah ada 25 orang yang menjalani swab test dan masih menunggu hasilnya keluar. Rencananya semuanya akan menjalani swab test untuk meminimalisasi potensi penularan. Mengingat jika tidak dilakukan swab test khawatir malah akan semakin banyak kasusnya.

Ditanya soal darimana jamaah ziarah itu bisa terpapar, Ika menyebutkan ada tiga warga positif COVID-19 namun berstatus OTG ikut dalam rombongan ziarah yang berjumlah 70 orang. Usai berziarah ada warga yang mengeluhkan kondisi kesehatannya menurun dengan gejala COVID-19.

Setelah ditelusuri ternyata mereka yang ikut ziarah itu. Setelah dilakukan swab test awal ada tujuh yang positif pada 21 Februari, lalu swab test mandiri ada empat positif. Kemudian pada 24 Februari swab test kedua ada 56 yang ikut dan hasilnya 26 positif. Sampai hari ini bertambah lagi hingga totalnya 39 yang positif.

Baca juga: Ratusan Warga Bandung Alami Efek Samping Setelah Divaksin, Kenapa?

"Tiga warga itu adalah OTG dari kasus positif sebelumnya dan ikut dalam rombongan, jadi dari situ penularannya. Sekarang dari 15 orang bergejala, dua dirawat di RS Mitra Kasih dengan gejala sedang," sebutnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)