Diawali Suara Ledakan, 10 Rumah di Kota Bandung Hangus Terbakar

loading...
Diawali Suara Ledakan, 10 Rumah di Kota Bandung Hangus Terbakar
Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api dalam peristiwa kebakaran di Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Foto/Twitter@kebakaranbdg
BANDUNG - Sedikitnya 10 unit rumah di kawasan padat penduduk di Cibeunying Kaler, Kota Bandung, hangus terbakar, Kamis (25/2/2021). Meski penyebab pasti kebakaran belum diketahui, namun berdasarkan penuturan salah satu tetangga rumah yang terbakar, peristiwa tersebut diawali oleh suara ledakan.

Kepala Seksi Rescue Diskar PB Kota Bandung Yogi Mamesa mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi pada pukul 13.15 WIB dan api baru dapat dipadamkan sekitar 140 menit kemudian. Baca juga: Gegara Hairdryer, Satu Rumah dan Motor di Antapani Ludes Terbakar

Menurut Yogi, kebakaran yang terjadi di Jalan Melania Gang 1 RT 2-3 RW 1, Kelurahan Cihaurgeulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung itu menimbulkan kerugian materi yang ditaksir hingga Rp450 juta. "Kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," ungkap Yogi.

Berdasarkan pengakuan salah satu tetangga korban kebakaran, Tardi (45), lanjut Yogi, sebelum kebakaran terjadi, terdengar suara ledakan dan teriakan kebakaran. "Setelah diperiksa, api ternyata sudah membesar. Warga sekitar sempat melakukan penanganan awal menggunakan alat seadanya," ujarnya.

Setelah menerima laporan dari warga setempat, pihaknya pun langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman dan penyekatan. "Akibat kebakaran ini, sebanyak 13 kepala keluarga dan 39 jiwa terdampak," imbuh Yogi.



Yogi juga mengatakan, pihaknya melakukan pemadaman secara menyeluruh pada bagian rumah yang terbakar, termasuk berkoordinasi dengan saksi, pelapor, dan aparat kewilayahan. Baca juga: Meskipun Musim Penghujan, Angka Kebakaran di Kabupaten Gresik Tergolong Tinggi

Pihaknya menerjunkan 18 unit alat pemadam, di antaranya 4 unit pancar Mako Pusat, 2 unit pancar UPT Utara, 1 unit pancar UPT Barat, 1 unit pancar UPT Timur, 1 unit pancar UPT Selatan, 1 unit rescue, 3 unit water tanker dan 5 unit komando. "Api tersebut berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran selama 140 menit," katanya.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top