Ketua DPRD Kendal Salurkan Bantuan PKB untuk Penyandang Tuna Netra

Senin, 18 Mei 2020 - 15:45 WIB
loading...
Ketua DPRD Kendal Salurkan Bantuan PKB untuk Penyandang Tuna Netra
Ketua DPRD Kendal H Muhammad Makmun mengunjungi klinik pijat tunanetra dan membagikan sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19. FOTO/Istimewa
A A A
KENDAL - Sukiza sedang membaca Alquran braile di ruang tengah saat Ketua DPC PKB yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kendal H Muhammad Makmun mengetuk pintu depan klinik tuna netra milik Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kendal, Sabtu (16/5/2020) sore. Pria penyandang tuna netra itu berjalan menyusuri dinding menuju ruang depan untuk membukakan pintu.

Mengetahui tuan rumah kesulitan, Makmun membuka sendiri pintu yang memang tidak dikunci. Mendekat ke arah Sukiza, makmun menyampaikan maksud kedatangannya. Kemudian dengan dibantu H Yusuf, Ketua Fraksi PKB DPRD Kendal, Sukiza dituntun ke ruang tamu.

"Maaf, Pak Ketua baru saja pulang dari sini. Seharian beliau di kantor," kata seorang ibu yang membantu mengurus keperluan kantor DPC Pertuni yang juga menjadi tempat Sukiza biasanya praktik klinik pijat tuna netra.( )

Sementara Sukiza menelepon Mahendra, Ketua Pertuni, H Yusuf berbisik jika memang sang ketua sudah pulang tidak apa-apa dan dirinya minta izin untuk membagikan bingkisan sembako untuk disampaikan ke para anggotanya.

Menurut Makmun, kedatangannya ke klinik pijat Pertuni memang spontan dan tanpa pemberitahuan lebih dulu. Dirinya sengaja datang untuk melihat langsung kondisi para penyandang disabilitas ini terutama di tengah pandemi COVID-19.

"Sekalian membagikan sembako dari teman-teman anggota dewan dan pengurus PKB, termasuk ada titipan dari ketua umum kami, Gus Muhaimin Iskandar," katanya.

Tanpa rasa canggung lagi, Sukiza menceritakan kondisi dirinya dan teman-temannya di klinik tuna netra. Dikatakannya, pendapatannya menurun drastis sejak adanya pandemi virus corona. Saat ini teman-temannya sebagian pulang ke rumah masing-masing.

"Pelanggan yang mamanfaatkan jasa pijat menurun karena semua tidak berani keluar rumah. Pendapatan ikut menurun hingga 65% lebih dari hari-hari sebelum wabah virus ini ada," kata Sukiza.

Sebelum pamitan, Makmun menyerahkan amplop kepada Sukiza. Disampaikan, di dalamnya ada sejumlah uang untuk membantu anggota Pertuni. Selain itu, dirinya mohon didoakan agar para anggota dewan dari PKB, khususnya ketua umumnya Gus Muhaimin, senantiasa dalam lindungan dan hidayah dari Allah SWT.

"Terima kasih banyak, pak. Semuanya ini nanti akan saya serahkan ke pak ketua untuk dibagikan ke anggota. Saya pribadi mau bilang terima kasih untuk PKB, untuk pak ketua dewan, untuk Gus Muhaimin juga. Semoga PKB selalu berjuang untuk rakyat kecil," kata Sukiza.

Sebelumnya, Mahfud Shodiq, Sekretaris DPC PKB Kendal menerangkan pihaknya membagikan 1.000 paket sembako melalui pengurus di tingkat kecamatan untuk dibagikan kepada warga terdampak corona di wilayahnya masing-masing. Paket tersebut berisi bahan makanan pokok senilai Rp 175.000.

Selain sembako, DPC PKB juga membagikan 1.000 sarung kepada pengurus dan kader partai serta para kiai dan guru ngaji di desa-desa.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2509 seconds (0.1#10.140)