Bertemu Ridwan Kamil, Sandiaga Uno Pastikan Pembangunan KEK Lido Berjalan Lancar

Senin, 22 Februari 2021 - 23:32 WIB
loading...
Bertemu Ridwan Kamil, Sandiaga Uno Pastikan Pembangunan KEK Lido Berjalan Lancar
Menparekraf, Sandiaga Uno bertemu Gubernur Jabar, Ridwan Kamil membahas pengembangan sektor pariwisata, salah satunya KEK Lido, Senin (22/2/2021). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) , Sandiaga Uno, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bertemu di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Senin (22/2/2021).

Pertemuan tersebut merupakan pertemuan lanjutan dengan pokok bahasan mengenai pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor.



Dalam pertemuan yang juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik itu, Sandiaga mengungkapkan bahwa dirinya dan Ridwan Kamil berencana meninjau lokasi KEK Lido pada Maret 2021 mendatang untuk memastikan pembangunan KEK Lido berjalan lancar.



"Hari ini kita bicara kolaborasi dan aktivasi dari beberapa kegiatan dan capaian setelah pertemuan kita 19 Januari 2021 lalu. Pertama, bahwa KEK Lido telah diresmikan dan pembangunan movieland salah satu infrastruktur pertama telah dimulai," tutur Sandiaga.

Selain membahas KEK Lido , Sandiaga juga menyatakan, pihaknya siap berkolaborasi dengan Pemprov Jabar untuk mengembangkan potensi pariwisata sebagai lokomotif ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Selain itu, kata Sandiaga, pihaknya pun bakal berkolaborasi dengan Pemprov Jabar berdasarkan beberapa masukan Ridwan Kamil mengenai program yang digulirkan Pemprov Jabar, salah satunya program Petani Milenial.



"Tugas bersama untuk menambah jumlah lahan untuk dikelola petani milenial , yaitu lahan di BUMN, terutama yang bisa dikelola untuk menciptakan lebih dari 500.000 lapangan kerja baru untuk anak muda," ujarnya.

"Jadi itu langkah kolaborasi kita dan mudah-mudahan bisa membuka lapangan kerja dan memberikan kebangkitan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ," kata Sandiaga.

Sementara itu, Ridwan Kamil berharap, kerja sama yang dibangun pihaknya bersama Kementerian Parekraf dapat terus berlanjut dan berjalan baik. Menurutnya, Pemprov Jabar, dan Kemenparekraf memiliki visi yang sama dalam upaya membangkitkan ekonomi melalui industri pariwisata .



"Mudah-mudahan didukung dari skala promosi desa sampai infrastruktur, sampai berita KEK pariwisata pertama di Jabar sudah berhasil. Skala Pak Menteri bisa menasionalkan gagasan kami. Mudah-mudahan setelah ini kolaborasi lebih mantap," kata Gubernur yang akrab disapa Emil itu.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik mengatakan, setelah berhasil mendorong terwujudnya KEK Lido , pihaknya bersama Kementerian Parekraf akan mendorong hadirnya KEK Cikidang. Dia menyebutkan, sejumlah pembahasan antara Sandiago Uno dan Ridwan Kamil, di antaranya adalah program pengembangan pariswisata tipe 1-3.



"Minggu depan, pembahasan lanjutan dilakukan di Kota Bandung, bersama para deputi mengenai pengembangan destinasi desa hingga destinasi lainnya, agar bisa naik kelas dengan dorongan Kementerian Parekraf kepada Kementerian PUPR," terang Dedi.

Dedi menyebutkan, dari sisi promosi , pemerintah pusat memiliki Calendar of Event pada tanggal 1 Maret 2021 mendatang. Sehari setelahnya, agenda milik Pemprov Jabar. "Pak menteri akan menghadiri lima Calendar of Event yang digagas Pemprov Jabar. Ini juga kan upaya penting untuk meningkatkan pasar domestik," katanya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3155 seconds (0.1#10.140)