20 Warga Jalani Operasi Katarak Gratis di Klinik JEC-Orbita Makassar

Minggu, 21 Februari 2021 - 20:45 WIB
loading...
20 Warga Jalani Operasi Katarak Gratis di Klinik JEC-Orbita Makassar
Seorang warga tengah menjalani operasi katarak gratis di Klinik JEC-Orbita Makassar. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - JEC-Orbita @Makassar menggelar operasi katarak gratis untuk warga yang membutuhkan, Minggu (21/2/2021). Operasi katarak ini dilaksanakan untuk memperingati ulang tahun JEC-Orbita Makassar ke-20.

“Kiprah dua dekade JEC-Orbita @Makassar ingin kami syukuri lewat selebrasi yang santun dan berdampak langsung kepada masyarakat. Karenanya, kami menggunakan momentum ini untuk melanjutkan komitmen JEC-Orbita @ Makassar membantu menurunkan risiko gangguan penglihatan dan kebutaan di Indonesia, yakni lewat pemberian operasi katarak gratis,” ujar Direktur JEC-Orbita @ Makassar, dr Habibah S Muhiddin.



“Kami meyakini dengan memiliki mata yang sehat, maka kualitas dan produktivitas hidup yang optimal dapat tercapai. Tak terkecuali bagi para penderita katarak di Sulawesi Selatan. Mereka berhak mendapatkan mata sehat kembali, meski di tengah pandemi Covid-19 melalui tindakan operasi katarak yang berlandas protokol kesehatan yang ketat dan tegas,” lanjutnya.

Operasi katarak gratis sudah menjadi agenda rutin JEC-Orbita @Makassar dengan total penerima tindakan mencapai sekitar 600 orang. Mereka berasal dari berbagai wilayah di Sulawesi Selatan, salah satunya Kota Makassar.

Sebelum menjalani operasi, calon penerima melakukan screening dan pemeriksaan praoperasi, seperti pengecekan gula darah dan HBsAG, darah rutin, foto thorax, juga tes swab antigen , serta prosedur pascaoperasi yang komprehensif, hingga mereka dinyatakan sembuh sepenuhnya.



Dalam menjalankan seluruh tahapan tersebut, JEC-Orbita @Makassar menerapkan physical distancing yang ketat sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Selain itu, peringatan juga ditandai dengan pemberian suvenir bagi pasien dan kegiatan temu wicara kesehatan mata bersama para media.

“Kami bangga dan mendukung penuh kontribusi berkelanjutan JEC-Orbita @Makassar membantu memberantas kebutaan akibat katarak di wilayahnya, terlebih saat pandemi Covid-19. Langkah ini memperkuat bukti kiprah dua puluh tahun JEC-Orbita @Makassar kepada masyarakat Indonesia tak berhenti, tetapi akan terus berkesinambungan hingga dekade-dekade mendatang,” ucap Dr Johan A Hutauruk, Presiden Direktur JEC Korporat.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)