Merapi Pagi Ini Keluarkan Asap Sulfatara dengan Ketinggian 400 Meter di Atas Puncak

loading...
Merapi Pagi Ini Keluarkan Asap Sulfatara dengan Ketinggian 400 Meter di Atas Puncak
Gunung Merapi Jumat pagi ini (19/2/2021) mengeluarkan asap Sulfatara. Sebuah kolong asap di atas puncak terlihat dengan ketinggian sekitar 400 meter. Foto BPPTKG
YOGYAKARTA - Gunung Merapi Jumat pagi ini (19/2/2021) mengeluarkan asap Sulfatara. Sebuah kolong asap di atas puncak Gunung Merapi terlihat dengan ketinggian sekitar 400 meter. Dalam akun twitter@BPPTKG disampaikan pagi ini terlihat mengeluarkan asap sulfatara yg berwarna putih, intensitas tebal, dan tinggi ±400 meter di atas puncak.


Baca juga: Selasa Pagi, Gunung Merapi Semburkan Lava Pijar 12 Kali Sejuah 1,5 Km

Di twitter juga disebutkan bahwa emisi asap sulfatara merupakan kejadian yang biasa terjadi di gunung api aktif. Asap berwarna putih menunjukkan komposisi gas yang dominan adalah uap air.

Dalam akun selatan juga disebutkan bahwa asap sulfatra juga terlihat jelas dari sekitar jembatan layang Janti. Hingga saat ini status Merapi masih siaga atau level III.

Sebelumnya Gunung yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah ini juga mengeluarkan lava pijar guguran.

Baca: Aktivitas Vulkanik Masih Tinggi, Merapi Luncurkan Lava Pijar 9 Kali
Sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 06.00. WIB, tercatat 15 kali mengeluarkan lava pijar. Selain itu juga teramati asap sulfatara dengan ketinggian 100 meter di atas puncak.

(sms)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top