Hingga Juli, Aplikasi Super Targetkan Donasi untuk Covid-19 Capai Rp 1 Miliar

Senin, 18 Mei 2020 - 09:48 WIB
loading...
Hingga Juli, Aplikasi Super Targetkan Donasi untuk Covid-19 Capai Rp 1 Miliar
Tim Aplikasi Super memberikan bantuan sembako pada pedagang di Surabaya.Foto/SINDONews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Pandemi Covid-19 membawa dampak besar bagi masyarakat. Terlebih dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat mereka menggantungkan hidup dari penghasilan harian, seperti pedagang kaki lima.

Salah satunya adalah pedagang kaki lima yang pendapatannya menurun drastis semenjak adanya wabah corona ini. Untuk meringankan beban mereka, Aplikasi Super mengajak masyarakat untuk membantu mereka yang membutuhkan melalui www.sembakountuksedulur.com.

"Melalui situs tersebut, masyarakat bisa ikut berdonasi. Hasil donasi yang nantinya akan dirupakan dalam bentuk sembako. Kemudian disalurkan kepada pedagang kaki lima dan masyarakat yang membutuhkan di area Surabaya dan Sidoarjo," ujar Head of Retail and Marketing Aplikasi Super, Aimi, Senin (18/5/2020).

Aplikasi Super sendiri, kata dia, adalah aplikasi social commerce yang menjual produk sembako dengan harga terjangkau. Sasarannya adalah pedagang grosir atau kelontong dan agen. Aplikasi ini hadir untuk mengefisienkan rantai pasokan kebutuhan pokok, memberi kesetaraan distribusi dan meningkatkan ekonomi masyarakat di kota kedua, ketiga, dan pedesaan di Indonesia.

”Melalui www.sembakountuksedulur.com, kami ingin membantu warga yang terdampak seperti pelaku usaha kecil. Utamanya pedagang kaki lima (PKL). Mereka sangat terdampak akibat pandemi ini. Penghasilan mereka turun drastis. Bahkan untuk membeli sembako saja mereka kesulitan,” imbuh Aimi.

Dia menjelaskan, donatur bisa memilih untuk berdonasi dalam bentuk paket sembako senilai Rp100.000 maupun uang tunai dengan nilai berapa pun sesuai dengan kemampuan. Paket sembako yang dibagikan berupa 5 kilogram (kg) beras, 1 liter minyak goreng, 5 bungkus mie instan dan 10 sachet kopi instan. "Donasi yang terkumpul melalui www.sembakountuksedulur.com kami harapkan bisa mencapai Rp1 miliar hingga bulan Juli mendatang," terangnya.

Penyaluran sembako akan dilakukan secara bertahap dan tahap pertama diharapkan bisa dilakukan pada saat Hari Raya Idul Fitri. Pada April lalu, Aplikasi Super sudah menyalurkan 700 paket sembako berupa 3,5 ton beras, 700 Liter minyak goreng, 3.500 bungkus mie instan dan 3.500 sachet kopi instan kepada para PKL dan masyarakat kecil di wilayah Surabaya dan sekitarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)