Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Ini yang Perlu Dipertimbangkan Saat Ingin Beli Air Purifier

loading...
Ini yang Perlu Dipertimbangkan Saat Ingin Beli Air Purifier
Ini yang Perlu Dipertimbangkan Saat Ingin Beli Air Purifier. Foto/Ist
BOGOR - Pemakaian alat pembersih udara atau air purifier selama masa pandemi COVID-19 mengalami peningkatan cukup signifikan. Alat tersebut mempunyai fitur-fitur yang mampu menjaga kebersihan dan kualitas udara yang mempengaruhi kestabilan kesehatan.

"Jadi meski pun sedang beraktivitas di dalam ruangan, Anda tetap memperoleh udara jernih yang aman dari bakteri, kuman, maupun virus," kata dr Devia Irine Putri dari Klikdokter.com, Senin (15/2/2021).(Baca juga: Jaga Kualitas Udara di Rumah Anda dengan 5 Cara Efektif Berikut Ini! )

Menurut dia, mencari alat pembersih udara sangat mudah, karena dapat melakukannya secara online maupun offline. Namun, anjuran beraktivitas di rumah di tengah wabah COVID-19 mengharuskan orang-orang untuk membeli produk dibutuhkan lewat e-commerce atau marketplace. (Baca juga: Kurangi Risiko Penularan COVID-19 dengan Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut )

"Apabila tidak bisa datang langsung ke toko, Anda perlu memastikan beberapa hal berikut sebelum memesan alat pembersih udara," kata Devia.



Dia menyarankan, agar melakukan cek luas ruangan dan jangkauan pembersihan. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, Anda perlu mengetahui applicable floor space atau luas ruangan yang bisa dibersihkan dalam waktu 30 menit. semakin luas jangkauan yang dapat di-cover alat pembersih, maka semakin cepat pula udara yang bisa dibersihkan.

"Pilih volume udara besar. Seperti poin sebelumnya, kapasitas volume udara besar pada air purifier menandakan kalau proses penjernihan yang dilakukan berlangsung lebih cepat. Akan tetapi, Anda sebaiknya tetap sesuaikan kapasitas tersebut dengan luas dan kebiasaan lain seperti membuka jendela atau pintu," kata dia.

Sebaiknya juga disarankan purifier sudah dilengkapi HEPA. Penyaring HEPA memungkinkan performa alat pembersih udara lebih maksimal, yakni sampai 99,97% dalam membaski partikel-partikel berukuran kecil. Fitur lain yang dapat Anda perhatikan adalah ULPA (ultra-low particular air), hanya saja fitur ini belum terlalu umum dijumpai.

"Keberadaan HEPA pada alat pembersih udara dapat menjaga kemurnian udara dalam ruangan hingga mencegah reaksi alergi," kata dia.

Walau performanya dalam menangkap partikel-partikel cukup kuat, HEPA yang digunakan dalam penangkalan virus dari COVID-19 masih dipertanyakan masyarakat. Apakah perannya efektif? Bagaimana cara pemakaian yang tepat untuk menjaga kualitas udara?
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top