Catat! Ini Tujuh Tips Khusus buat Para Penerima THR

Minggu, 17 Mei 2020 - 18:27 WIB
loading...
Catat! Ini Tujuh Tips Khusus buat Para Penerima THR
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, ketika menerima THR , sebaiknya tetap dikelola dengan bijak. Jangan habiskan seluruh THR, namun sisihkan sebagian untuk ditabung sehingga tidak habis begitu saja.

"Secara umum, pengelolaan THR bisa disamakan dengan saat kita mengelola penghasilan tahunan seperti bonus akhir tahun," ujar Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (16/5/2020). ( Baca:Soal Utang untuk Corona, Indonesia Tidak Sendirian )

Eko kemudian memberikan tujuh tips agar penggunaan THR menjadi bijak dan tidak cepat habis. Berikut tujuh tips itu:

1. Buat perencanaan alokasi
Tetapkan alokasi dana THR yang Anda terima. Misalnya untuk ditabung, belanja keperluan Lebaran, THR untuk asisten rumah tangga, dan zakat. Sebaiknya, perencanaan ini dilakukan sebelum uang THR di tangan. Sehingga begitu cair, Anda bisa langsung membaginya ke dalam pos-pos tertentu, bukan langsung lenyap karena lebih dulu tergoda untuk membelanjakannya.

2. Sisihkan untuk ditabung
Sebelum mengalokasikan untuk berbagai keperluan di atas, Anda bisa menetapkan berapa besaran yang ingin Anda tabung. Misalnya, 10% atau 30% dari THR yang Anda terima akan disisihkan untuk menabung. Sisanya digunakan untuk berbagai keperluan hari raya.

3. Belanja seperlunya
Agar THR mencukupi dan tidak justru menguras tabungan, kendalikan keinginan Anda untuk berbelanja berbagai kebutuhan yang tidak mendesak. Misalnya, tidak menggunakan dana THR untuk memperbarui peralatan elektronik atau gadget, seperti beli smartphone terkini hanya karena tidak mau ketinggalan tren.

4. Jangan andalkan THR
Ada yang menyarankan agar kita tidak mengandalkan penghasilan tahunan (termasuk THR) untuk menutupi berbagai keperluan, terutama biaya darurat. Sebaiknya, Anda memang mengadakan alokasi dana darurat yang diisi setiap bulan untuk membiayai kebutuhan mendesak.

5. Investasi
Prioritas lainnya adalah memasukkan dana THR kamu untuk investasi. Persentasenya antara 30%-40% dari total keseluruhan. Hal ini perlu menjadi prioritas agar kita memiliki dana cadangan, sehingga kita tidak benar-benar kehabisan uang setelah hari raya.

6. Niat yang kuat
Hal paling krusial dari segala urusan menghemat ini adalah niat dari dalam diri. Tanamkan bahwa kamu betul-betul niat untuk menabung. Setiap ingin membeli sesuatu yang tidak mendesak, langsung ingat pada niatmu bahkan target yang sudah ditetapkan.

"Jangan mudah tergoda dan tetapkan kemauan, pasti bisa irit. Toh tanpa adanya THR, setiap bulan kamu baik-baik saja, kan. Itu kunci yang sederhana," jelasnya

7. Membangun dana darurat
Jika Anda tidak memiliki utang apapun, maka THR tahun ini dapat digunakan untuk mulai membangun dana darurat. Dana ini dapat digunakan jika terjadi hal-hal tidak diinginkan, misalnya terkena musibah, sakit, atau kehilangan pekerjaan
(ihs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)