Maknai HPN, Jurnalis Pena Batas Tanam Ratusan Pohon di Perbatasan RI-Timor Leste

Selasa, 09 Februari 2021 - 23:37 WIB
loading...
Maknai HPN, Jurnalis Pena Batas Tanam Ratusan Pohon di Perbatasan RI-Timor Leste
Memperingati HPN, Persatuan Jurnalis Perbatasan RI-RDTL menanam ratusan pohon di sepanjang lereng bukit di area bendungan Rotiklot di garis batas Indonesia-Timor Leste. Foto SINDOnews
A A A
ATAMBUA - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Persatuan Jurnalis Perbatasan RI-RDTL (Pena Batas) menanam ratusan anakan pohon di sepanjang lereng bukit di area bendungan Rotiklot di garis batas Indonesia-Timor Leste, tepatnya di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Selasa (9/2/2021).

Aski menanam pohon ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Kabupaten Belu untuk terus mencintai alam dengan menanam pohon. Karena dengan menanam pohon, hutan dapat dilestarikan dan ketersediaan air tanah dapat dijaga.

Aksi penanaman pohon ini dilaksanakan bersama dengan para anggota TNI dari Satuan Pengamanan Perbatasan RI, Dinas Kehutanan Kabupaten Belu dan orang muda Atambua . Jenis pohon yang ditanam adalah sengon dan trambesi.

Ketua Pena Batas RI-RDTL Evan Dile Payong mengatakan, kegiatan penaman 100 pohon sengon dan tranbesi ini sebagai bentuk rasa prihatin para jurnalis akan pelestarian hutan yang semakin pudar di tengah masyarakat.

"Kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai bentuk kepedulian para jurnalis terhadap keadaan lingkungan yang kritis. Banyak lahan yang gundul akibat penebangan liar yang berakibat tanah longsor serta kurangnya persediaan air tanah serta," kata Evan, Selasa (9/2/2021). Baca Juga: Sambut Natal dengan Nyalakan Seribu Lilin di Atambua, NTT

Evan melanjutkan, dengan pegiatan ini pihaknya berharap bisa memotivasi kaum muda untuk mencintai alam sekaligus mencegah terjadinya bencana longsor dan banjir. "Diharapkan dapat memotivasi setiap lapisan masyarakat untuk menjaga serta melestarikan lingkungan sekitar," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perencanaan dan Pengelolaan Hutan, Yohanes Bulin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pena Batas yang telah memberikan contoh yang baik dalam melestarikan alam. "Terima kasih atas perhatian dari para wartawan Belu yang telah meluangkan waktu untuk melakukan penanaman pohon meskipun di tengah COVID-19 melanda," katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5328 seconds (0.1#10.140)