Bukan Sekedar Kongkow, Ngopi di Cafe Ini Bisa Rasakan Jadi Barista

Selasa, 09 Februari 2021 - 07:00 WIB
loading...
Bukan Sekedar Kongkow, Ngopi di Cafe Ini Bisa Rasakan Jadi Barista
Barista memproses biji kopi di Rollas Cafe di kawasan Jalan Indrapura Surabaya. Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Bagi penggemar atau penikmati kopi, bisa mengenal lebih dalam segala jenis biji kopi yang ia seduh adalah sebuah keniscayaan.

Apalagi bisa merasakan sensasi memproses biji kopi, mulai dari memilih jenis biji kopi mentah, proses roasting, grinding hingga brewing. Kongkow asik ini bisa ditemui disalah satu Caffe di kota Surabaya. Tepatnya di Rollas Cafe di kawasan Jalan Indrapura Surabaya.

Kadiv Pemasaran & Distribusi PT Rolas Nusantara Mandiri (RNM), Hening Indra L, menuturkan bahwa konsep cafe tersebut merupakan inovasi agar para penikmat kopi juga bisa mengetahui bagaimana cara minum kopi yang benar.

Untuk itu, Cafe yang dikelola PT Rolas Nusantara Mandiri, anak usaha dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII (Persero) ini menyediakan fasilitas edukasi bagi setiap tamu.

"Kita ingin produk rollas bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat terutama anak-anak muda. Disini kita juga beri edukasi cara mimum kopi yang benar seperti apa, cara minum teh hingga coklat seperti apa," katanya.

Bahkan dari sisi harga yang mulanya terkenal selangit, kini lebih bersahabat bagi kantong yang terpapar Corona.

Kata Indra, Kongkow sambil belajar kopi pada ahlinya ini sebenarnya sudah mulai berjalan sebelum wabah COVID-19 masuk di Indonesia.

Setiap pekan ada saja komunitas yang datang untuk belajar menjadi barista. Selama sehari, mereka dilatih tentang dasar kopi dan teh. Tida hanya komunitas, bagi tamu yang ingin uji cita rasa secara insidentalpun juga bisa.

"Sebelum COVID-19 setiap pekan sudah jalan. Tapi saat ini pelatihan kita batasi maksimal 5 orang, karena masih dalam masa pandemi," ujarnya.

Indra mengakui, kontribusi Cafe memang sangat kecil jika dibandingkan dengan penjualan produk kopi, teh dan cokelat yang diproduksi oleh induk perusahaan. Namun PT Rolas Nusantara Mandiri tetap mencoba mempertahankan operasional cafe di dua tempat yang tersisa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1681 seconds (10.101#12.26)