Banjir Landa Sejumlah Wilayah, 272 Gardu Listrik di Jabar Padam

Senin, 08 Februari 2021 - 14:09 WIB
loading...
Banjir Landa Sejumlah Wilayah, 272 Gardu Listrik di Jabar Padam
Sejumlah fasilitas PLN padam akibat banjir di Indramayu.
A A A
BANDUNG - Sebanyak 272 gardu listrik di Jawa Barat mengalami padam akibat cuaca ekstrem hujan lebat sejak Minggu (7/2/2021) kemarin. Hingga kini, PLN Jawa Barat terus berupaya melakukan pemulihan jaringan listrik di daerah berdampak.

General manager PLN UID Jawa Barat Agung Nugraha, hujan menyebabkan dampak di Jawa Barat seperti sebagian daerah Karawang, Indramayu, Purwakarta, Bekasi, dan Sumedang. Hingga pukul 10.00 WIB, PLN mencatat 272 gardu terdampak. Dari jumlah itu, sebanyak 42 gardu sudah berhasil di nyalakan kembali.

Baca juga: Daftar Eks Pejabat Pejabat Positif COVID-19 di Lapas Sukamiskin

"Masih ada 230 gardu yang belum berhasil dioperasikan demi keselamatan warga karena masih terendam banjir. PLN terus menjaga aliran listrik dengan terpaksa tidak mengalirkan listrik terlebih dahulu ke lokasi-lokasi yang terendam banjir," jelas dia, Senin (8/2/2021).

Menurut dia, setelah banjir surut dan dipastikan aman, listrik baru bisa dinyalakan. Agung juga menambahkan bahwa pemantauan dan percepatan recovery suplai listrik daerah terdampak banjir akan terus dilakukan dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan msyarakat.

"Sebanyak 41 dari 272 unit gardu distribusi yang terdampak banjir sudah berhasil dipulihkan kembali sehingga sebanyak 5.924 dari 40.703 pelanggan yang terdampak banjir sudah kembali menikmati pasokan listrik," jelasnya.

Baca juga: Pabrik Kosmetik Ilegal Digerebek, Polda Jabar Amankan Tiga Warga Padalarang

Agung menghimbau masyarakat agar mewaspadai potensi bahaya listrik saat banjir dengan cara mematikan instalasi listrik di dalam rumah dari Mini Circuit Breaker (MCB), mencabut seluruh peralatan listrik yang tersambung dengan stop kontak, dan memindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman. Namun, apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN.

“Masyarakat dapat menghubungi Contact Center 123 melalui New PLN Mobile, telepon, atau mendatangi kantor PLN terdekat untuk memutuskan aliran listrik daerah terdampak banjir,” imbuhnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)