Kisah Eti Kurniawati Guru Kristen Pertama yang Mengajar Madrasah di Tana Toraja

Kamis, 04 Februari 2021 - 06:14 WIB
loading...
Kisah Eti Kurniawati Guru Kristen Pertama yang Mengajar Madrasah di Tana Toraja
Eti Kurniawati alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) guru non muslim pertama yang mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja. Foto Eti (kanan) iNews TV/Jufri T
A A A
TANA TORAJA - Jika selama ini lingkungan madrasah identik dengan busana muslim namun tampak berbeda dengan hadirnya salah seorang guru CPNS di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja. Dia adalah Eti Kurniawati salah seorang guru mata pelajaran umum yakni Geografi yang ditempatkan di MAN Tana Toraja.
Kisah Eti Kurniawati Guru Kristen Pertama yang Mengajar Madrasah di Tana Toraja

Eti Kurniawati alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) ini menerima SK pengangkatannya pada 26 Januari 2021 bersama beberapa rekannya. Dia ditempatkan di MAN Tana Toraja. Eti tampak berbaur dan sangat diterima oleh rekan guru-guru di sekolah dimana dia ditempatkan.



Kepala Sekolah MAN Tana Toraja Sampe Baralangi mengatakan, pihak sekolah juga telah menerima SK dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulawesi Selatan terkait penempatan Eti Kurniawati sebagai guru geografi di MAN Tana Toraja.

“ Hal ini telah sesuai dengan Peraturan Menteri Agama RI tentang pengangkatan guru madrasah khususnya Bab VI Pasal 30. Dimana guru mata pelajaran umum tidak jadi masalah mengajar di Madrasah karena bukan membawahi mata pelajaran agama,” katanya, Rabu (3/2/2021) .
Kisah Eti Kurniawati Guru Kristen Pertama yang Mengajar Madrasah di Tana Toraja

Sementara itu Eti Kurniawati mengaku bahagia bisa mengajar di MAN Tana Toraja. Dia tidak menolak tugas negara tersebut. Bahkan Eti Kurniawati langsung beradaptasi dengaan keadaan di MAN tersebut dengan memakai baju berlengan panjang dan rok panjang.

Baca juga: Guru Non Muslim Mengajar di Madrasah? Begini Respon Muhammadiyah


“Sebagai orang asli Toraja bahwa bagi masyarakat toraja ini sudah menjadi hal biasa yang menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat beragama,” ujar Eti Kurniawati guru Geografi MAN Tana Toraja ,” timpalnya.

Untuk diketahui Eti Kurniawati adalah guru pertama di Madrasah Aliyah Negeri Tana Toraja yang non muslim. Di Tana Toraja sendiri hal toleransi antar umat beragama sangat dijunjung tinggi.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)