Jalani Isolasi 14 Hari, Bupati Sleman Dinyatakan Sembuh COVID-19

Rabu, 03 Februari 2021 - 15:46 WIB
loading...
Jalani Isolasi 14 Hari, Bupati Sleman Dinyatakan Sembuh COVID-19
Bupati Sleman Sri Purnomo dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah menjalani isolasi mandiri dan pengobatan selama 14 hari. SINDOnews/Priyo
A A A
SLEMAN - Bupati Sleman Sri Purnomo dinyatakan sembuh dari COVID-19 setelah menjalani isolasi mandiri dan pengobatan selama 14 hari. Kesembuhan tersebut berdasarkan hasil swab antigen, Senin (1/2/2021) dengan hasil negatif.

Sri Purnomo dinyatakan positif COVID-19 , diawali dari hidung tersebut, Senin (18/1/2021) dan Selasa (19/1/2021) pagi badannya meriang dan sudah tidak bisa olahraga lari pagi, tetapi tetap melaksanakan tugas. Di antaranya menemani Sri Sultan memsang patok trace Jalan Tol Yogya Bawen di Tempel.

Rabu (19/1/2021) meski tidak enak badan masih masuk kerja termasuk menerima audien dari BPOM Yogya, rabu siang karena badannya semakin tidak enak istirahat di rumah, oleh keluargnya diminta rapid swab antigen, dan hasilnya positif dilanjutkan swab PCR hasilnya keluar Kamis (21/1/2021) pagi positif. Karena tidak bergejala tidak dirawat di rumah sakit, hanya isolasi mandiri selama 14 hari di rumah dinas.

“Setelah saya melaksanakan swab antigen, Senin (1/2/2021) sore, ternyata hasilnya negatif dan mulai hari Selasa (2/2/2021) mulai masuk kerja dan kembali melakukan kegiatan seperti biasanya,” kata Sri Purnomo saat konferensi pers di media center penangganan COVID-19 Sleman, Rabu (3/2/201).

Sri Purnomo mengatakan selama melakukan isolasi mandiri, dilakukan pemantauan perekmbangan kesehatan secara rutin oleh dokter penanggungjawab penyakit dalam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman. Selama isolasi mandiri, tidak mengalami gejala apapun dan tetap aktif bekerja di rumah. “Selama melakukan isolasi mandiri saya tetap menghadiri sejumlah agenda kegiatan Pemerintah Kabupaten Sleman secara virtual (zoom meeting),” paparnya.

Sri Purnomo menghimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin terhadap protokol kesehatan dengan menerakan Cita Mas Jajar (Cuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, jaga jarak tidak berkerumuam). Selain itu juga diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. “Hal penting lainnya, saat selfi tidak melepas masker,” terangnya. Baca: Demokrat Bali Siap Puputan Pertahankan AHY.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo menambahkan jika merujuk pada pedoman Kementerian kesehatan, untuk kategori orang tanpa gejala, setelah melakukan isolasi mandiri selama 10 sampai dengan 14 hari dapat dinyatakan sembuh secara epidemiologis.

“secara epidemiologis itu bisa dinyatakan sembuh, kalau misalnya ada virus, itu hanya tinggal sisa-sisanya dan tidak menular, kalau tanpa gejala seperti itu,” jelasnya. Baca Juga: Astaga, Pinggiran Danau Maninjau Memutih Dipenuhi Bangkai Ikan.

Hal tersebut dinilai sesuai dengan apa yang dialami Bupati Sleman dengan kategori orang tanpa gejala dan telah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, serta dilakukan swab antigen kembali, dengan hasil negatif.priyo setyawan
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2374 seconds (0.1#10.140)