Hadapi Masa Depan yang Kompleks dan Menantang, Ini Rahasia BPJamsostek

Senin, 01 Februari 2021 - 14:45 WIB
loading...
Hadapi Masa Depan yang Kompleks dan Menantang, Ini Rahasia BPJamsostek
Salah satu inovasi layanan BPJamsostek dimasa pandemi Covid-19. Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Apresiasi atas keberhasilan BPJamsostek terus mengalir sepanjang tahun 2016 hingga tahun 2020. Mulai dari penghargaan dalam negeri hingga taraf internasional pun pernah dibawa pulang.

Seperti Indonesia Human Capital Award (IHCA) misalnya. Setiap tahun mulai dari 2016 hingga 2020, BPJamsostek selalu meraih penghargaan bergengsi tersebut. Kemudian penghargaan dari Employer of Choice pada level Asia, dimana BPJamsostek dinobatkan sebagai institusi yang memanfaatkan teknologi dengan baik dalam pengelolaan SDM, khususnya rekrutmen dan juga Strategi Human Capital dan Leader Terbaik dalam pengelolaan SDM.

Baca juga: Ruas Tol Surabaya-Gempol Diprediksi Beroperasi Normal pada 8 Februari

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak, Galuh Santi Utari, menyebut, diraihnya berbagai macam penghargaan itu tidak lepas dari cara BPJamsostek dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dengan pengelolaan SDM yang baik, maka menjadi kunci penting bagi pencapaian yang diraih BPJamsostem selama ini dan di masa depan," katanya, Senin (01/2/2021).

Galuh berharap, capaian yang selama ini diraih terus meningkat setiap tahun agar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan milik negara ini bisa terus menerus memberikan perlindungan kepada seluruh tenaga kerja di Indonesia dari risiko sosial ekonomi tertentu. "Semoga selalu meningkat setiap tahun," ucapnya.

Dalam buku The Survival of Human Capital, Ketua Program Studi Magister dan Doktorat Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. M Syamsul Maarif, mengungkapkan pencapaian BPJamsostek selama ini merupakan hal yang sudah sewajarnya diraih. Mengingat transformasi pengelolaan SDM telah dilakukan BPJamsostek dengan masif secara optimal.

Baca juga: Tak Terima Warungnya Dirazia, Pemilik Warung di Tuban Nekat Tabrak Truk Satpol PP

"Mengingat tantangan pengelolaan human capital saat ini dan ke depannya semakin kompleks dan menantang," tuturnya.

Kata dia, selama ini manajemen BPJamsostek selalu berkeinginan untuk terus berbenah dan belajar dari best practice. Seperti yang dilakukan perusahaan atau institusi lain pada tingkat regional hingga nasional, juga memiliki peranan penting agar BPJamsostek dapat mencapai posisi yang diraih saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)