5.400 Vaksin Sinovac Tiba di Banyuwangi, Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas

Rabu, 27 Januari 2021 - 05:05 WIB
loading...
5.400 Vaksin Sinovac Tiba di Banyuwangi, Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas
Sebanyak 5.400 vaksin sinovac tiba di Banyuwangi dan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.Foto/ilustrasi
A A A
BANYUWANGI - Sebanyak 5.400 dosis vaksin sinovac untuk tenaga kesehatan (nakes) Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (27/1/2021) malam tiba. Vaksin untuk nakes tersebut akan dibagikan untuk 45 puskesmas di kabupaten paling ujung Jawa Timur ini.

Namun untuk penyuntikan pertama akan diberikan kepada Bupati dan Muspida Banyuwangi, serta tokoh masyarakat yang diwakili oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Vaksin yang dikirim ke Kantor Kesehatan Banyuwangi ini dikawal ketat aparat kepolisian dari Polda Jawa Timur. Serah terima dilakukan dari Dinkes Jawa Timur kepada Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi.

Baca juga: Satgas COVID-19 Surabaya Blusukan ke Perkantoran, Temukan Sirkulasi Udara Buruk

"Vaksin-vaksin tersebut langsung disimpan di ruang pendingin laboratorium kantor Dinas Kesehatan Banyuwangi sebelum dibagikan kepala 45 puskesmas," ujar Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Widji Lestariono.

Menurutnya, selain 45 puskesmas, ribuan vaksin tersebut juga untuk dua rumah sakit dan dua klinik. "Besok (Rabu hari ini) rencananya akan diserahkan," tambahnya.

Baca juga: Jelang Vaksinasi, Muncul Klaster Penularan COVID-19 di Polres Blitar

Dia menambahkan, penyuntikan dimulai pada Kamis (28/1/2021) yang ditandai dengan pemberian vaksin pertama kepada Bupati Abdullah Azwar Anas dan semua unsur muspida. Vaksinasi pertama akan diadakan di pendopo Saba Swagata Banyuwangi.

Ditargetkan, sebanyak 70 persen masyarakat Banyuwangi menerima vaksin sinovac tersebut untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, vaksin ini tidak direkomendasikan untuk penyintas COVID-19 dan masyarakat penderita hipertensi, diabet, asma dan alergi tertentu.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)