Gunung Raung Mulai Muntahkan Lava Pijar, Warga Datangi Pos Pantau

loading...
Gunung Raung Mulai Muntahkan Lava Pijar, Warga Datangi Pos Pantau
Aktivitas di Pos Pengamatan Gunung Api Raung, di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, dipadati warga yang ingin mengetahui kondisi Gunung Raung. Foto/iNews TV/Eris Utomo
BANYUWANGI - Sejumlah warga mulai berdatangan ke Pos Pengamatan Gunung Api Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk melihat dan mendengar langsung mengenai kondisi Gunung Raung .

Baca juga: Gemuruh dari Perut Gunung Raung Terdengar hingga Radius 16 Km

Gunung yang ada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso, tersebut, telah memuntahkan lava pijar di Kaldera Raung . Warga diimbau tidak panik, namun diharapkan tetap waspada.





Hingga Selasa (26/1/2021) pagi, Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Raung , masih merekomendasi agar warga tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari puncak Gunung Raung .

Baca juga: Taruna AAL Terlibat Pertempuran Sengit Jarak Dekat di Markas Prajurit Petarung

Peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Raung , terjadi sejak Minggu (24/1/2021). Selain menyemburkan material abu warna kelabu pekat yang membumbung setinggi 500-600 meter dari bibir kawah, gunung dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, telah memuntahkan lava pijar yang tertampung di Kaldera Raung .



Baca juga: Petani Durian di Aceh Mengeluh, Buah Duriannya Kini Tak Lagi Berasa Manis

Teramati pantulan cahaya api pada gumpalan abu vulkanik yang menyembur di puncak Gunung Raung . Kondisi ini menandakan terjadinya muntahan lava pijar dari dalam Gunung Raung, yang menyembur dan masih tertampung di Kaldera Raung. Hingga kini Gunung Raung masih berstatus waspada atau level II.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top