Hasil SP2020, Mayoritas Penduduk Sulut Didominasi Generasi Z dan Milenial

loading...
Hasil SP2020, Mayoritas Penduduk Sulut Didominasi Generasi Z dan Milenial
Hasil SP2020, Mayoritas Penduduk Sulut Didominasi Generasi Z dan Milenial. Foto/Ist
MANADO - Struktur penduduk dapat menjadi salah satu modal pembangunan ketika jumlah penduduk usia produktif sangat besar.

Sebagaimana Jumlah penduduk di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sesuai dengan hasil Sensus Penduduk 2020 (SP2020) tercatat pada bulan September 2020 sebanyak 2,62 Juta jiwa.

Dari jumlah tersebut mayoritas penduduk Sulut didominasi oleh generasi Z dan generasi milenial.

Plt Kepala BPS Provinsi Sulut Norma Olga Frida Regar mengatakan, proporsi generasi Z sebanyak 27,50 persen dari total populasi dan generasi milenial sebanyak 24,32 persen dari total populasi Sulut.



"Generasi milenial ini termasuk dalam usia produktif yang dapat menjadi peluang untuk mempercepat percepatan pertumbuhan ekonomi," kata Norma, Jumat (22/1/2021).

Dari sisi demografi, seluruh generasi x dan generasi milenial merupakan penduduk yang berada pada kelompok usia produktif pada tahun 2020.

Sedangkan generasi z terdiri dari penduduk usia belum produktif dan produktif. Sekitar tujuh tahun lagi, seluruh generasi z akan berada pada kelompok penduduk usia produktif.



"Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia, baik di masa sekarang maupun masa depan, karena generasi inilah yang berpotensi menjadi aktor dalam pembangunan yang akan menentukan masa depan Indonesia," tutur Norma.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top