Komjen Listyo Sigit Perjuangkan Masyarakat Kesepuhan Banten Dapatkan 5 SK Hutan Adat

loading...
Komjen Listyo Sigit Perjuangkan Masyarakat Kesepuhan Banten Dapatkan 5 SK Hutan Adat
Ketua Sabaki, Sukanta mengatakan, calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo berhasil memperjuangkan terbitnya lima SK KLHK terkait hutan adat untuk masyarakat kasepuhan. Foto/Dok. SINDOnews
SERANG - Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo selalu meninggalkan kesan mendalam di wilayah dia bertugas. Di mana pun bertugas, calon Kapolri ini selalu meninggalkan sesuatu yang baik sehingga masyarakat sangat berkesan dan rindu sosok pemimpin seperti itu.

Pendiam, mau mendengar dan banyak berbuat itulah yang dirasakan masyarakat saat Sigit menjadi Kapolda Banten periode 2016-2018. Cerita itu disampaikan Ketua Kesatuan Adat Kasepuhan Banten Kidul (Sabaki) Sukanta. Baca juga: Kunjungi Sejumlah Mantan Kapolri, Listyo Sigit Prabowo Minta Doa Restu

Menurutnya, Sigit berhasil memperjuangkan terbitnya lima Surat Keputusan (SK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait hutan adat untuk masyarakat kasepuhan. Dengan SK tersebut, masyarakat kesepuhan kini hidup tenang dan damai karena bisa mengatur dan mengolah lahan tersebut hingga tenggat waktu yang tidak ditentukan.
Komjen Listyo Sigit Perjuangkan Masyarakat Kesepuhan Banten Dapatkan 5 SK Hutan Adat

"Tak lama setelah kamu ceritakan masalahnya, Pak Sigit dan beberapa menteri terkait. Beberapa bulan kemudian langsung dikeluarkan SK-nya," kata Sukanta kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Dengan adanya SK tersebut lahan yang ditempati ribuan warga itu kini sudah keluar dari areal taman nasional yang sebelumnya dikelola pemerintah. "Pak Sigit itu mau mendengarkan keluh kesah masyarakat meskipun yang dihadapi sangat sulit," ungkapnya. Baca juga: Komjen Listyo Sigit Prabowo Dikenal Peduli dengan Guru dan Sekolahnya di Yogyakarta



Sukanta merasakan betul jiwa kepemimpinan Sigit yang mau berbaur dan mendengarkan keluhan masyarakat. Bahkan seakan-akan tidak ada jarak antara pejabat dan warga biasa. "Pak Sigit ini orangnya bisa berdiri di tengah, bisa mengayomi semua masyarakat. Siapapun yang datang beliau terima," tuturnya.

Dia menyebut, Sigit bukanlah tipe orang yang mudah lupa. Hal itu dibuktikan saat beliau sudah tidak lagi menjabat Kapolda Banten tetapi masih mau menghadiri acara Kasepuhan di kawasan Citorek, Banten Kidul.

"Ketika itu, Pak Sigit menjabat Kadiv Propam tapi dia mau menyempatkan hadir yang jaraknya sangat jauh. Sikap ini yang kami rindukan sehingga sangat membekas di hati masyarakat adat," ujarnya sambil meneteskan air mata.



Kini, Masyarakat Adat Kasepuhan Banten Kidul menyambut baik penunjukan Sigit sebagai calon Kapolri. Mereka meyakini, Polri akan semakin lebih profesional, modern dan terpecaya (Promoter) di bawah komando Sigit.
(poe)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top