Aneh dan Unik, Pohon Pisang di Gunungkidul Berbuah 4 Tandan

Senin, 18 Januari 2021 - 08:15 WIB
loading...
Aneh dan Unik, Pohon Pisang di Gunungkidul Berbuah 4 Tandan
Pohon pisang di Gunungkidul, Yogyakarta, berbuah hingga empat tandan. Foto/iNews TV/Kismaya
A A A
GUNUNGKIDUL - Aneh dan unik , jika biasanya pohon pisang hanya berbuah satu tandan saja, berbeda halnya dengan pohon pisang di Gunungkidul, Yogyakarta. Pohon pisang milik Wartinem ini, bisa berbuah empat tandan dalam satu pohon.



Keberadaran pohon pisang aneh dan unik tersebut, tumbuh subur di samping rumah Wartinem, yang ada di Desa Monggol, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pohon pisang itu sampai harus disangga dengan bambu, karena buahnya sangat besar.



Wartinem bercerita, pohon pisang miliknya sudah bersusia selama tiga tahun. Bibit yang didapatkannya pun hanya bibit pisang jenis pisang ambon , yang didapatkannya dari saudaranya di Sumatera.

"Sejak pertama kali ditanam, pohon pisang tersebut sudah tumbuh sebanyak tiga kali. Yang pertama berbuah sebanyak satu tandan, yang kedua dua tandan, dan barulah yang ketiga ini tumbuh sebanyak empat tandan," tuturnya.



Dia mengaku, tidak ada perawatan khusus yang dilakukan dalam menanam pohon pisang ini. Dia sendiri juga heran pohon pisangnya bisa berbuah empat tandan dalam satu pohon. Warga yang penasaran banyak yang datang untuk melihat langsung pohon pisang tersebut.

Tumpi, salah satu warga yang datang menyaksikan pohon pisang tersebut mengaku, mendengar cerita ada pohon pisang aneh yang berbuah empat tanda, sehingga penasaran untuk bisa menyaksikannya langsung.



Bukan hanya mendokumentasikan pisang berbuah empat tandan saja, warga yang datang juga ada yang meminta bibit pohon pisang tersebut, dan mencicipi pisang hasil panen milik Wartinem.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)