Gunung Semeru Meletus, Sejumlah Desa di Probolinggo Terpapar Abu Vulkanik

Sabtu, 16 Januari 2021 - 21:33 WIB
loading...
Gunung Semeru Meletus, Sejumlah Desa di Probolinggo Terpapar Abu Vulkanik
Warga Desa Tamansari dan Watuwungkuk, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo , Jawa Timur, terpapar abu Vulkanik dari letusan Gunung Semeru pada Sabtu (16/1/2021). Foto BNPB
A A A
PROBOLINGGO - Warga Desa Tamansari dan Watuwungkuk, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, terpapar abu vulkanik dari letusan Gunung Semeru pada Sabtu (16/1/2021). Paparan abu vulkanik dalam intensitas tipis dirasakan warga pedih di mata dan menempel di tanaman bawang serta di jok sepeda motor.

Salah satu warga Sumberkepoh, Arifim (45) mengatakan abu vulkanik Gunung Semeru sepertinya sampai di daerah Probolinggo.

"Sepeda motor saya saat diparkir di halaman rumah, joknya penuh dengan abu letusan Gunung Semeru sekitar pukul 18.00 WIB," ujar Arifin, Sabtu (16/1/2021).



Bahkan hujan abu Gunung Semeru ini, tambah Arifin, terasa pedih saat berkendara motor. "Saya tadi lupa nggak pakai kacamata hanya bawa maker saja, mata kok terasa pedih ," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Suyono Wijaya salah satu petani bawang merah asal Desa Watuwungkuk mengaku tahunya ada hujan abu saat dirinya tengah berada di sawahnya.

"Saat itu saya sedang semprot bawang mas, tenyata banyak gugur debu yang bejatuhan dan abunya perih saat mengenai mata," tandasnya.



Hingga berita ini diterbitkan masih belum ada statmen resmi dari otoritas terkait tentang abu vulkanik dan berapa desa yang terpapar.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)