Sosialisasi Prokes, Robot Transformer Blusukan Keluar Masuk Kampung di KBB

Sabtu, 16 Januari 2021 - 18:11 WIB
loading...
Sosialisasi Prokes, Robot Transformer Blusukan Keluar Masuk Kampung di KBB
Herti Ruhiana ketika beraksi dengan kostum robot ala Transformer hasil kreasinya untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan ke masyarakat guna mencegah penyebaran COVID-19. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Pandemi COVID-19 membuat aktivitas masyarakat menjadi tidak sebebas seperti dulu lagi. Protokol kesehatan (Prokes) harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik ketika berada di dalam maupun luar rumah.

Perubahan perilaku tersebut tentunya membuat masyarakat 'kaget' karena harus membiasakan yang tidak biasa. Sehingga tidak jarang banyak warga lupa dan harus selalu diingatkan untuk menerapkan prokes. Seperti memakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan.

Kondisi itu yang membuat Herti Ruhiana, Warga Kampung Bewak RT 03/03 Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tergerak untuk terjun mengingatkan prokes ke masyarakat. Cara yang dilakukannya pun unik, karena memakai kostum karakter robot seperti dalam film Transformers.

"Sengaja pakai kostum robot kaya gini supaya menarik. Kalau biasa-biasa aja, mungkin orang gak akan mau dengerin ketika saya ingatkan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan," terangnya, Sabtu (16/1/2021).

Sambil mengenakan kostum robot dirinya berkeliling masuk kampung ke luar kampung. Sesekali menyusuri juga jalan-jalan protokol untuk sosialisasi ke penguna jalan, pedagang kaki lima, dan warga, mengingatkan prokes sambil membagikan masker.

Kostum yang dipakainya bukan hanya robot, tapi ada juga koleksi lainnya. Seperti motif batik, busana daerah, serta berbagai corak lainnya. Pemakaiannya disesuaikan dengan kondisi dan tempat yang akan didatangi.

Tujuannya agar jadi sorotan dan mencuri perhatian masyarakat sehingga mau mendengar apa yang disampaikan.

Berbagai kostum yang dimilikinya dibuat sendiri atas ide dan contoh dari beberapa tokoh yang sedang digandrungi.

Salah satunya seperti robot Transformer. Itu semua dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas dari limbah rumah tangga yang sudah tidak terpakai. Seperti styrofoam, bola plastik, tempat makan bekas, mainan anak, plus kertas HVS.

"Pas mau ke kalapangan saya liat dulu momen dan tempatnya. Kalau banyak anak-anak maka saya pakai kostum robot, karena pasti mereka akan senang. Yang jelas harus mencolok dan jadi pusat perhatian," tutur pria yang berprofesi sebagai cleaning servis perusahaan di Bandung ini.



"Harapan saya dan juga pasti semua orang di dunia ini adalah COVID-19 segera hilang. Makanya kita mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan, untuk meminimalisir penyebaran melalui penerapan protokol kesehatan," pungkasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6220 seconds (0.1#10.140)