Tengah Malam Nias Utara Diguncang Gempa Tektonik Dangkal yang Berpusat di Laut

Jum'at, 15 Januari 2021 - 01:18 WIB
loading...
Tengah Malam Nias Utara Diguncang Gempa Tektonik Dangkal yang Berpusat di Laut
Gempa tektonik dangkal bermagnitudo 4,6 mengguncang wilayah Nias Utara. Foto/Ist
A A A
NIAS UTARA - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,6, mengguncang wilayah Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (14/1/2021) pukul 23.50 WIB. Gempa bumi dangkal tersebut, tidak berpotensi tsunami.



Kepala BBMKG Wilayah I Medan Sumut, Edison Kurniawan menerangkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki parameter update dengan magnitudo 4,6. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.31 Lintang Utara (LU) dan 97.05 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi pada jarak 37 kilometer Barat Daya Nias Utara, pada kedalaman 20 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas lempeng subduksi," jelas Edison Kurniawan, Jumat (15/1/2021).



Edison Kurniawan mengatakan, dampak gempa bumi itu, guncangan dirasakan di daerah Gunungsitoli II MMI, Nias Barat I-II MMI dan Nias Utara I-II MMI. Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan, menunjukkan gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat, imbuh Edison Kurniawan, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa .



"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," pungkasnya.

(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2548 seconds (0.1#10.140)