Tengah Malam Nias Utara Diguncang Gempa Tektonik Dangkal yang Berpusat di Laut

loading...
Tengah Malam Nias Utara Diguncang Gempa Tektonik Dangkal yang Berpusat di Laut
Gempa tektonik dangkal bermagnitudo 4,6 mengguncang wilayah Nias Utara. Foto/Ist
NIAS UTARA - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 4,6, mengguncang wilayah Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (14/1/2021) pukul 23.50 WIB. Gempa bumi dangkal tersebut, tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Majene Diguncang Gempa, Warga dan Pedangang di Pasar Sentral Panik Berhamburan

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Sumut, Edison Kurniawan menerangkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki parameter update dengan magnitudo 4,6. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.31 Lintang Utara (LU) dan 97.05 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi pada jarak 37 kilometer Barat Daya Nias Utara, pada kedalaman 20 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas lempeng subduksi," jelas Edison Kurniawan, Jumat (15/1/2021).



Baca juga: Penculik dan Pembunuh Anak Pejabat yang Gemparkan Karawang Ditangkap, Ini Lokasi Ekskusinya

Edison Kurniawan mengatakan, dampak gempa bumi itu, guncangan dirasakan di daerah Gunungsitoli II MMI, Nias Barat I-II MMI dan Nias Utara I-II MMI. Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan, menunjukkan gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat, imbuh Edison Kurniawan, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa .



Baca juga: Asyik Karaoke di Masa PPKM, Para Pemandu Lagu Seksi dan Tamu Karaoke Digrebek Petugas

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," pungkasnya.

(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top