Distribusi Vaksin Sinovac Ditarget Kelar Sehari di Jateng

Selasa, 12 Januari 2021 - 13:29 WIB
loading...
Distribusi Vaksin Sinovac Ditarget Kelar Sehari di Jateng
Foto/ilustrasi SINDOnews
A A A
SEMARANG - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo menyebut distribusi vaksin COVID-19 ke daerah-daerah tidak memerlukan rantai pasok yang panjang. Ditargetkan proses distribusi akan selesai dalam satu hari. "Untuk di Jateng sehari bisa secara simultan. Jadi nanti dalam satu hari bisa," kata Yulianto.

Dia mengatakan, distribusi dilakukan setelah keluar izin edar atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Makanan dan Obat (BPOM). Setelah sampai di daerah-daerah, maka domain distribusi berada di bawah dinas kesehatan kabupaten/kota untuk disalurkan ke fasilitas kesehatan. (Baca juga: Pemkab Bekasi Siapkan 91 Lokasi Vaksinasi Covid-19 untuk 12.234 Tenaga Kesehatan)

"Selain petugas kesehatan, ada tiga kelompok (giliran pertama vaksinasi). Pertama pimpinan daerah, lalu kelompok organisasi profesi dan tokoh-tokoh agama, calon-calonnya sudah kita data calonnya ada sepuluh," tandasnya.

Sebelum didistribusikan ke daerah-daerah, sebanyak 62.560 vaksin Sinovac disimpan dalam fasilitas Cold Storage, milik Pemprov Jateng. Aparat polisi melakukan penjagaan ketat selama penyimpanan hingga proses distribusi.

Sekadar diketahui, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo mendapat giliran pertama daerah yang melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada 14 Januari. Instansi terkait dipastikan telah menyiapkan dengan baik proses vaksinasi. (Baca Juga: vaksinhingga di tingkat Puskesmas. "Vaksinator sudah siap semua. Jateng termasuk yang sudah mendaftarkan bahkan seluruh Puskesmas juga sudah kita daftarkan. Jadi sudah 100 persen dari awal," tuturnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)