Legislatif Desak Seruyan Segera Miliki Sekda Definitif

Senin, 11 Januari 2021 - 18:30 WIB
loading...
Legislatif Desak Seruyan Segera Miliki Sekda Definitif
Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo (tiga dari kiri) saat berfoto bersama di malam pisah sambut Sekda Seruyan Haryono (lima dari kiri). Foto/Ist
A A A
SERUYAN - Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif akan berpengaruh dalam pengambilan kebijakan atau sebuah keputusan. Sampai saat ini, jabatan Sekda di Pemkab Seruyan masih belum definitif dan dijabat oleh pelaksana tugas (Plt).

Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo menilai, dengan kondisi itu maka karena Sekda juga sebagai Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) akan berpengaruh dengan rencana kerja pemerintah daerah.

(Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng dan DPRD Seruyan MoU Soal Penyusunan Ranperda dan JDIH)

"Jika seorang Sekda sudah ditetapkan sebagai difinitif maka saya rasa akan berpengaruh terhadap kinerja yang lebih maksimal, karena ibaratnya itu sudah mantap dan bisa berkeja dengan sebaik mungkin," katanya, Senin (11/1/2021).

(Baca juga: Pramugari Mia Tresetyani Sempat Telpon Ibunya Sebelum Sriwijaya Air Jatuh)

Dia menegaskan, Legislatif tidak akan ikut campur dalam proses pemilihan Sekda dan menyerahkan semuanya pada pihak eksekutif untuk menetapkan.

Akan tetapi, Eko tetap berharap Sekda terpilih nanti diharapkan yang mampu membangun jembatan koordinasi serta komunikasi yang baik dengan lembaga DPRD Seruyan maupun pihak-pihak terkait lainnya.

Menurut Eko, Sekda merupakan orang yang menjadi motor penggerak dari birokrasi yang artinya harus mempunyai kemampuan dalam menjabarkan visi misi kepala daerah melalui setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

"Karena pasti nanti akan ada sangkut pautnya dengan lembaga DPRD Seruyan entah itu dalam penyusunan rencana anggaran dan lain sebagainya," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2829 seconds (0.1#10.140)