Terus Keluarkan Lava Pijar, Lereng Merapi Hujan Abu

Senin, 11 Januari 2021 - 05:34 WIB
loading...
Terus Keluarkan Lava Pijar, Lereng Merapi Hujan Abu
Tangkapan layar erupsi Merapi dari chanel Youtube Induk Frekom_86
A A A
YOGYAKARTA - Gunung Merap i terus mengeluarkan lava pijar. Malam ini tercatat sedikitnya tiga kali terlihat guguran lava pijar di Gunung yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah tersebut.

Bahkan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman melaporkan terjadi hujan abu tipis di desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman yang merupakan wilayah lereng Merapi. Hujan abu dilaporkan terjadi di Dusun Kali Tengah Lor, Kali Tengah Kidul, Singlar dan Srunen. (Baca juga: Sering Terjadi Guguran Lava Pijar Dari Puncak Merapi, Warga Selo Diungsikan)

Dalam laporan juga disertakan warga dengan sepeda motor menerjang hujan abu. Sementara dari chanel Youtube Induk Frekom_86 juga didiarkan beberapa guguran lava pijar. Bahkan beberapa diantaranya cukup besar seperti pada pukul 21.58 WIB.

Hal ini juga diperkuat CCTV Pusdalops BPBD Sleman yang menyampaikan terjadi guguran lava pijar dan juga asap tebal yang diduga abu vulkanik. Begitu juga dengan pukul 22.03 WIB, chanel induk frekom_86 juga menyiarkan kembali terjadinya luncuran lava pijar yang cukup jauh. (Baca juga: Waspadai Awan Panas Guguran Merapi Setinggi 200 Meter ke Kali Krasak)

Begitu juga sebelumnya, terlihat gugur lava pijar pada pukul 19. 17 WIB serta pukul 20.35 WIB. Namun demikian, untuk kepastian jarak luncur dan keterangan lain masih menunggu BPPTKG. "Tadi terlihat beberapa cukup jauh mungkin sekitar 1 km, namun kita menunggu keterangan BPPTKG setelah pukul 24.00 WIB," ucap penyiar chanel Youtube Induk Frekom_86, Minggu (10/1/2021).

(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)