BMKG Kalbar: Waspada Cuaca Ekstrem Berlangsung hingga 10 Januari

loading...
BMKG Kalbar: Waspada Cuaca Ekstrem Berlangsung hingga 10 Januari
Foto ilustras SINDOnews
PONTIANAK - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Pontianak memberikan peringatan kepada warga yang hendak beraktifitas agar berhati-hati, karena cuaca ekstrem akan terjadi hingga 10 Januari 2021.

"Hasil pengamatan menunjukkan turunnya hujan yang cukup signifikan sehingga menyebabkan potensi terjadinya banjir di beberapa wilayah rendah," kata Kepala BMKG Stasiun Kelas I Pontianak, Nanang Buchori di Pontianak, Jumat (8/1/2021).

Nanang juga menjelaskan, genangan air di pesisir barat wilayah Kalbar beberapa hari terakhir karena sedang terjadi puncak pasang air laut dan gelombang air laut yang cukup tinggi. (Baca juga: Banjir Bandang Terjang Pringsewu, 250 Kepala Keluarga Terisolir)

Selain itu, perkembangan dinamika atmosfer mengindikasikan beberapa hari ke depan akan terjadi gelombang atmosfer tropis, berupa Madden Julian Oscillation (MJO) yang bisa memicu cuaca ekstrem, berupa hujan lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di Kalbar hingga 10 Januari 2021.



"Masyarakat kami imbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh hujan yang disertai petir dan angin kencang seperti pohon tumbang, jalan licin, dan sebagainya," katanya.

Nanang juga mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi angin kencang, terutama pada siang hingga sore hari di pesisir barat Kalbar. (Baca juga:Hingga Akhir Agustus Angin di Bandung Cukup Kencang, Ini Rekomendasi BMKG)

"Cukup panjangnya periode hujan lebat tersebut mengindikasikan adanya potensi genangan air, banjir, dan tanah longsor, khususnya di wilayah yang sering terdampak bencana alam tersebut," katanya.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top