Bupati Sleman Siap Jadi Orang Pertama Divaksin COVID-19

loading...
Bupati Sleman Siap Jadi Orang Pertama Divaksin COVID-19
Bupati Sleman Sri Purnomo menyatakan siap menjadi orang pertama di Sleman yang divaksin Sinovac COVID-19. SINDOnews/Priyo
YOGYAKARTA - Bupati Sleman Sri Purnomo menyatakan siap menjadi orang pertama di Sleman yang divaksin Sinovac COVID-19. Langkah ini diambil untuk memastikan jika vaksin tersebut aman. “Saya siap jadi orang pertama di Sleman yang divaksin COVID-19,” kata Sri Purnomo, Selasa (5/1/2020).

Sri Purnomo menjelaskan sesuai rencana, pelaksanaan vaksin COVID-19 akan dimulai 14 Januari 2021. Untuk tahap awal akan diprirotaskan bagi tenaga kesehatan. Jika ada sisa untuk mereka yang berhadapan denga masyarakat. “Untuk pertama semua nakes akan divaksin dulu,” paparya.

Namun Sleman mendapat jatah berapa, Sri Purnomo tidak mengetahui persis jumlahnya. Namun yang jelas, Sleman akan mendapatkan yang paling banyak. Pertimbangnya jumlah nakes dan fasilitas kesehatan terbanyak dibandingkan daerah lain di DIY. “Berdasakran jumlah nakes, rumah sakit dan puskesmas paling banyak. Sehingga mereka akan divaksin duluan,” jelas bupati Sleman dua periode itu. (Baca: Tragis, Pamit Pergi Mancing Pulang ke Rumah Tak Bernyawa).

Sri Purnomo menambahkan setelah nakes, prioritas selanjutnya mereka yang berhubungan dengan pelayaan publik, termasuk para guru. Sehingga de ngan vaksin COVID-19 ini, tenaga kesehatan dalam bekerja melayani warga yang terpapar COVID-19 aman begitu juga kelompok kedua yang akan divaksin akan lebih aman lagi. (Baca: Ratusan Warga Lereng Merapi di Magelang Kembali ke Barak Pengungsian).



Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan, untuk tahap awal mengajukan 15.000 dosis vaksin COVID-19. Prioritas awal vaksin akan diberikan kepada tenaga kesehatan, jika ada sisa untuk kelompok lainnya. “Di Slema jumlah nakes sekitar 14.500 orang,” pungkasnya.
(nag)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top