Nakes Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Siap Divaksin

Selasa, 05 Januari 2021 - 13:24 WIB
loading...
Nakes Kota Palopo dan Kabupaten Luwu Siap Divaksin
Kegiatan para tenaga kesehatan (nakes) dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu. Foto Chaeruddin
A A A
PALOPO - Tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Palopo dan Kabupaten Luwu dipastikan siap untuk menerima vaksin Covid-19. Dan sejauh ini tidak ada penolakan dari para tenaga kesehatan atau tenaga medis di dua daerah di Tana Luwu ini.

Kepala Dinas Kesehatan, Taufiq menyampaikan, mereka siap untuk divaksin termasuk dirinya sebagai pimpinan di instansi kesehatan di Kota Palopo. "Kami siap untuk divaksin, termasuk kadis kesehatan dan harusnya menjadi contoh. Vaksin Covid-19 sudah tiba di Makassar, vaksin ini segera didistribusikan ke daerah termasuk Palopo, kami perkirakan tiba Minggu depan," ujarnya. (Baca juga:Diduga Mabuk Miras saat Tahun Baru, Seorang Pria Bacok Pasutri di Palopo)

Disebutkan Taufiq, data nakes yang akan divaksin telah diserahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, lengkap dengan tugas mereka saat ini. Sehingga menurutnya, siapa saja nakes yang akan mendapat vaksin yang tentukan adalah pihak provinsi yang bersumber dari data yang dikirim oleh Pemkot Palopo.

"Semua nama nakes, baik dokter, perawat dan bidang di Kota Palopo telah kami serahkan ke Pemprov Sulsel lengkap dengan keterangan tugas mereka selama ini. Sehingga pihak Pemprov yang akan menentukan siapa yang paling dianggap rawan terpapar covid itu yang akan didahulukan," jelasnya.

Namun jelasnya kata Kadis Kesehatan, tenaga kesehatan di Kota Palopo menyatakan siap menjalani vaksinasi covid. "Alhamdulillah, kami sudah lakukan sosialisasi dan teman teman nakes menyatakan kesiapannya," ujarnya.

Kadis Kesehatan Kota Palopo berharap doa seluruh pihak agar proses vaksinasi di Kota Palopo dan Indonesia pada umumnya berjalan lancar dan berhasil. "Pemerintah sudah memberikan jaminan keamanan vaksin, dan tetap.kita wajib berdoa agar semuanya berjalan lancar dan aman sesuai harapan kita bersama," serunya.

Sementara itu, juru bicara (jubir) satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kota Palopo, dr. Ishak Iskandar, menyebutkan jumlah nakes di Kota Palopo yang akan divaksin dalam waktu dekat sebanyak 2.188 orang dari total 2.226 SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan) atau tenaga kesehatan. (Baca juga: BPOM Pastikan 1,2 Juta Vaksin Sinovac Lulus Uji Sertifikasi Lot Release)

"Nakes yang siap divaksin 2.188 orang, jumlah ini sesuai jumlah kuota vaksin untuk Kota Palopo yang tersebar di 38 layanan kesehatan di Kota Palopo. Mulai dari yang bertugas di rumah sakit, puskesmas hingga yang bertugas di tingkat kelurahan," sebutnya.

Mantan Kadis Kesehatan ini juga menginformasikan, mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu tidak layak untuk dilakukan vaksinasi. "Ada yang tidak masuk kriteria menerima vaksi, yakni mereka yang memiliki riwayat penyakit DM, Hipertensi, penyakit Jantung, penyakit Paru-Paru dan beberapa penyakit lainnya," lanjutnya.

Sama halnya dengan Kota Palopo, tenaga kesehatan di Kabupaten Luwu juga dipastikan kesiapannya menerima dan menjalani vaksinasi Covid-19. Sekretaris Dinas Kesehatan Luwu, dr. Rosnawary Basir, menyampaikan data nakes di Luwu sudah diserahkan ke provinsi. "Mereka yang akan divaksin nantinya akan mendapat SMS untuk meminta kesiapannya mendatangi lokasi vaksinasi. Sejauh ini kami siap, dan tidak ada nakes yang menolak," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7259 seconds (0.1#10.140)