Kota Cimahi dapat 3.000 Vaksin COVID-19, Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas

Senin, 04 Januari 2021 - 16:16 WIB
loading...
Kota Cimahi dapat 3.000 Vaksin COVID-19, Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas
Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
CIMAHI - Usulan Dinas Kesehatan Kota Cimahi untuk mendapatkan kuota vaksin COVID-19 terealisasi. Namun, jumlah vaksin yang akan didistribusikan ke Cimahi sedikit dari permintaan yang diajukan.

"Kami mengusulkan sebanyak 3.500 vaksin, namun yang disetujui 3.000 vaksin. Tapi tidak apa-apa, karena angkanya tidak jauh dari permintaan," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi, Senin (4/1/2021).

Pratiwi menyebutkan, saat ini pihaknya masih menunggu rencana pendistribusian vaksin tersebut oleh pihak provinsi ke masing-masing kabupaten/kota. Jika mengacu jawdal untuk Cimahi dilakukan antara tanggal 14 sampai 21 Januari 2021.

Nantinya sebelum penyuntikan, pihaknya akan melakukan pelatihan bagi vaksinator dari setiap Puskesmas. Setiap petugas tenaga kesehatan di puskesmas hanya beberapa orang saja yang dilatih jadi vaksinator karena keterbatasan alat.

"Untuk penyuntikan sendiri, jika semua sesuai jadwal tidak ada perubahan, maka akan dilakukan pada tanggl 22 Januari," sebutnya.

(Baca juga: Hanya 6% Orang Tua yang Setuju, Pemkot Cimahi Tangguhkan Rencana Sekolah Tatap Muka)

Sementara Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana menegaskan bahwa jatah 3.000 vaksin itu akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang terjun langsung sebagai garda terdepan dalam menangani pasien COVID-19.

Termasuk akan diberikan pula ke tenaga Satpol PP karena tugasnya selalu berinteraksi dengan masyarakat.

(Baca juga: Ini Kronologi Mantan Pengurus HTI Bisa Menjabat Wakil Dekan FPIK Unpad)

"Prioritasnya itu, seperti tenaga kesehatan dan petugas Satpol PP. Kalau untuk ASN dan masyarakat umum akan dilakukan menyusul secara bertahap sambil menunggu arahan dari pemerintah pusat," ujarnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1910 seconds (0.1#10.140)