Banjir Terjang Lamongan, Jalan Kecamatan dan Puluhan Hektare Tambak Terendam

Minggu, 03 Januari 2021 - 13:47 WIB
loading...
Banjir Terjang Lamongan, Jalan Kecamatan dan Puluhan Hektare Tambak Terendam
Banjir merendam jalan dan puluhan hektare tambak di Kabupaten Lamongan. Foto/iNews TV/Abdul Wakhid
A A A
LAMONGAN - Curah hujan tinggi dalam beberapa pekan terakhir, menyebabkan meluapnya sungai di Kabupaten Lamongan , Jawa Timur. Luapan sungai menyebabkan jalan poros kecamatan dan puluhan hektare tambak terendam banjir .

(Baca juga: Banjir Masih Mengancam Demak, Tanggul Jebol Baru Dapat Diperbaiki Setelah Air Surut )

Banjir menggenangi puluhan hektare tambak di Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan . Banjir terjadi sejak sepekan terakhir. Untuk menghindari kerugian akibat lepasnya ikan di dalam tambak, para petani memasang jaring mengelilingi tambak mereka.

Genangan banjir yang merendam tambak tidak hanya menyebabkan ikan lepas, namun juga menyebabkan udang fanemi mati. Angka kematian udang fanemi akibat air banjir cukup tinggi sehingga merugikan para petani tambak.

(Baca juga: Naik Jet Khusus, 3 Menteri Jokowi Mendarat Mulus di Bandara Ngloram Blora )

Menurut Abdul Muis, salah seorang petani tambak di Desa Bojoasri, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan , tambaknya yang berukuran setengah hektar terpaksa panen dini untuk menghindari kerugian lebih besar. "Kemarin udang fanemi sudah sempat saya panen meski ukurannya masih kecil. Saya khawatir air banjir yang keruh justru menyebabkan kematian udang," katanya.

Selain merendam tambak, banjir juga menyebabkan jalur poros kecamatan yang menghubungkan Kecamatan Turi, dengan Kecamatan Kalitengah, terendam banjir sejauh 1 km dengan ketinggian mencapai 50 centimeter (cm).



Terendamnya jalur poros kecamatan ini mengganggu aktivitas warga setempat. Sejumlah kendaraan yang nekat melintasi banjir mogok dan terpaksa didorong ke bengkel. "Di Desa Tiwet, air merendam jalan sepanjang 500 meter. Sangat mengganggu karena ini jalan poros, orang kerja," kata Busro sambil mendorong motornya yang mogok.

(Baca juga: Warga Tebo Gempar, Ada Pemuda 17 Tahun Ditemukan Tewas Tergantung di Pohon Jambu)

Banjir yang merendam tambak dan jalan di Kecamatan Kalitengah, dan Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan ini merupakab banjir tahunan yang kerap terjadi jika curah hujan tinggi. Warga berharap pemerintah daerah setempat segera mencari solusi untuk menangani banjir ini.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)