574 Napi di Riau Dapat Remisi Natal, 2 Langsung Bebas

Sabtu, 26 Desember 2020 - 02:05 WIB
loading...
574 Napi di Riau Dapat Remisi Natal, 2 Langsung Bebas
Seorang napi perempuan saat menerima remisi natal di Lapas Pekanbaru, Riau, Jumat (25/12/2020). Foto: Okezone/Banda Haruddin Tanjung
A A A
PEKANBARU - Ratusan narapidana (napi) yang ada di berbagai LP (Lembaga Peryarakatan) dan Rutan (Rumah Tahanan) di Provinsi Riau mendapat remisi natal . Dua diantaranya langsung bebas .

"Sebanyak 574 narapidana yang berada di seluruh Lapas dan Rutan di Riau mendapatkan Remisi Khusus (RK) atau pengurangan masa hukuman pada perayaan hari besar keagamaan. Dua langsung bebas," kata Kepala Kanwilkumham Riau, Ibnu Chuldun, Jumat (25/12/2020). (Baca Juga: 31 Warga Binaan di Makassar Dapat Remisi Natal)

Pemberian Remisi Khususini dilakukan serentak pada lapas dan rutan di Riau hari ini. Kakanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun, menyampaikan bahwa ini diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi syarat administratif dan substantif sesuai peraturan perundang-undangan.

“Remisi ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan semangat bagi warga binaan untuk dapat berkelakuan baik selama menjalani masa pidananya, serta semakin dapat meningkatkan keimanannya, agar setelah bebas nanti dapat terhindar dari perbuatan melawan hukum kembali," ujar Ibnu. (Baca Juga: 899 Narapidana di Riau Sembuh dari Covid-19)

Dia pun merincikan, dari 16 lapas dan rutan yang ada di Riau, Lapas Pekanbaru menjadi UPT dengan yang narapidananya terbanyak mendapatkan remisi, yaitu sebanyak 97 orang. Disusul Rutan Pekanbaru sebanyak 87 orang, Lapas Bengkalis sebanyak 79 orang, Lapas Bangkinang sebanyak 72 orang, dan Lapas Pasir Pengaraian sebanyak 61 orang.

Kemudian Lapas Bagansiapiapi sebanyak 37 orang, Rutan Dumai sebanyak 33 orang, Rutan Siak sebanyak 30 orang, Rutan Rengat sebanyak 29 orang, Lapas Perempuan Pekanbaru sebanyak 20 orang, Lapas Narkotika Rumbai sebanyak 11 orang. Kemudian, Lapas Tembilahan sebanyak 10 orang, Lapas Teluk Kuantan sebanyak 4 orang, LP Khusus Anak Pekanbaru sebanyak 3 orang, Lapas Selatpanjang sebanyak 1 orang.

“Pada Lapas Terbuka Rumbai tidak terdapat narapidana yang mendapatkan remisi," tukasnya. (Baca Juga: Ratusan Warga Rusak Rumah Feri Penusuk Istri Polisi hingga Tewas)

Sementara dua orang narapidana yang langsung bebas merupakan narapidana Lapas Pekanbaru dan narapidana Rutan Pekanbaru. “Secara nasional, Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan telah memberikan Remisi Natal kepada 11.699 narapidana," tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)