25 Lokasi di Kota Bandung Banjir dan Tergenang pada Malam Natal

Jum'at, 25 Desember 2020 - 14:59 WIB
loading...
25 Lokasi di Kota Bandung Banjir dan Tergenang pada Malam Natal
Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mencatat kejadian banjir dan genangan terjadi di 25 titik saat hujan pada Kamis (24/12/2020) malam. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung , Jawa Barat mencatat kejadian banjir dan genangan terjadi di 25 titik saat hujan pada Kamis (24/12/2020) malam. Kendati begitu, banjir dan genangan seluruhnya telah surut.

(Baca juga: Terendam Banjir, Jalan Pasteur Bandung Tak Bisa Dilalui Kendaraan 1,5 Jam)

Untuk banjir, Diskar PB mencatat ada 7 titik dengan ketinggian air bervariatif 20-50 cm. Lokasi tersebut yaitu di Jalan Kopo, Jalan Cibaduyut, Jalan Pagarsih, kawasan Setrasari, Pasteur, exit tol Pasirkoja, dan Kawasan Sukagalih. Sementara untuk genangan ketinggian air setinggi 15-25 cm.

(Baca juga: Hujan Deras, Jalan Pagarsih dan Pasteur Bandung Terendam Banjir)

Kepala Diskar PB Kota Bandung, Dadang Iriana menjelaskan, dari beberapa titik lokasi yang terkena banjir, genangan air tertinggi ada di Pasteur tepatnya depan Mal BTC setinggi 50 cm. Kemudian di Jalan Cibaduyut tepatnya di terowongan batas kota dan di exit tol Pasirkoja, genangan air masing masing setinggi 40 cm.

"Banjir di Pasteur penyebabnya karena ada luapan air saluran dari Jalan Babakan Jeruk. Sedangkan banjir di Jalan Cibaduyut tepatnya di terowongan batas kota karena saluran air Kabupaten Bandung kecil dan ada pembangunan proyek KCIC," urainya.

Kendati begitu, banjir pada malam harinya langsung surut. Seperti di Pasteur, terpantau hanya terjadi sekitar 1,5 jam. Namun untuk di kawasan Pagarsih, genangan air hingga pukul 22.00 WIB. "Sekarang semua banjir dan genangan sudah surut," kata dia.

Bencana banjir tersebut tidak ada laporan korban jiwa. Tercatat hanya kerugian material seperti rumah tergerus air dan beberapa perabot rumah tangga hanyut.

Kendati begitu, dia mengingatkan agar warga Bandung yang lokasinya sering terkena banjir dan genangan, agar selalu waspada mempersiapkan diri bila hujan lebat kembali terjadi. "Bila ada kejadian yang membutuhkan pertolongan, silahkan hubungan kami di 022 113," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)