Anak-anak Pengungsi Banjir Antang Dapat Pemulihan Trauma

Selasa, 22 Desember 2020 - 23:10 WIB
loading...
Anak-anak Pengungsi Banjir Antang Dapat Pemulihan Trauma
Anak-anak korban banjir di Antang mengikuti program pemulihan trauma dari relawan, Selasa (22/12/2020). Foto: SINDOnews/Faisal Mustafa
A A A
MAKASSAR - Puluhan anak korban banjir yang mengungsi di Masjid Jabal Nur, Jalan Biola Blok 10, Perumnas Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar menjalani pemulihan trauma . Kegiatan ini dilaksanakan beberapa relawan dari Kolaborasi Kemanusiaan, Selasa (22/12/2020).

Koordinator Kolaborasi Kemanusiaan, Irsan mengatakan, para relawan rerata pemuda dengan latar belakang pendidikan kesehatan, psikologi , sosiologi dan pendidikan umum ini, memang kerap turun ketika ada bencana. Muatan edukasi lebih dibanyak diberikan kepada anak korban bencana alam .



"Dahulu di banjir Masamba . Kita tidak bilang trauma healing tapi memberikan pemulihan psikologislah akan bencana alam yang dihadapi. Kami ajak bermain, pelajaran tentang menjaga kesehatan dan diri," ucap pemuda 23 tahun ini ditemui di lokasi.

Dia menyampaikan, di Makassar sebanyak kurang lebih 100 relawan telah disebar ke dua kecamatan, yakni Biringkanaya dan Manggala. Wilayah yang dianggap parah banjirnya. Mereka bekerja sistem sif, waktunya tentatif kadang sejak siang sampai patang, biasa hingga malam hari.



"Alhamdulilah sudah tiga hari terakhir kami di sini, semuanya bagus respons anak-anak antusias. Paling tidak kami bisa membantu sedikit, untuk relawannya ada mahasiswa, karyawan swasta , sampai guru juga ada. Tiap hari kami stand by 12 orang," papar Jupe sapaan akrabnya.

Mahasiswa Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) tersebut mengaku, masih membutuhkan dukungan berupa alat peraga, seperti alat tulis kantor untuk kebutuhan edukasi, dan beberapa alat permainan.



Selama ini kata Jupe, pihaknya belum mendapat perhatian dari pemerintah yang punya kewenangan, seperti Dinas Sosial , dan Dinas Perlindungan Anak.

"Kalau ada relawan yang mau membantu baik materil dan SDM bisa menghubungi kontak saya di 085394000790. Belum ada kalau dari pemkot , hanya warga sekitar saja, dan BPBD yang kebetulan turun lapangan di sini," imbuh Jupe menyudahi.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)